Selamat! Dikutip dari Antara News:

Depok (ANTARA News) – Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (ui), berhasil merebut predikat website perguruan tinggi terbaik pada Anugerah Media Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Koordinasi Kehumasan Indonesia (AMH Bakohumas).

“Website UI (www.ui.ac.id) berhasil mengungguli website Universitas Brawijaya (Peringkat 2) dan Universitas Jember (Peringkat 3),” kata Kepala Kantor Komunikasi, Vishnu Juwono, di Depok, Kamis.

Vishnu mengatakan berhasilnya website UI menjadi Juara 1 dalam AMH Bakohumas membuktikan bahwa website UI secara kehumasan merupakan website terbaik di Indonesia untuk kategori perguruan tinggi, setelah sebelumnya website UI Juara 1 Lomba Ing Griya Perhimpunan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) Indonesia pada tanggal 21 Juli 2010.

Ia mengatakan Website UI dinilai berhasil dalam kemudahan akses informasi, adanya prinsip komunikasi dua arah, penempatan informasi berdasarkan teknik yang benar.

Selain itu juga kata Vishnu halaman yang tidak terlalu banyak dan berita yang tidak terlalu panjang serta desain grafis yang sesuai harapan pengguna.

Lebih lanjut Vishnu mengatakan selain website, majalah internal UI Update berada pada peringkat 2 untuk kategori penerbitan internal AMH Bakohumas 2010. Sedangkan Universitas Negeri Malang pada peringkat 1 dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada peringkat 3.

Adapun kriteria penilaian kategori penerbitan internal meliputi, jelas Vishnu adalah cover (meliputi tata letak, warna, tipografi dan identitas perusahaan), teknik penyuntingan gambar dan berita, body copy dan teknik foto (kesesuaian dengan ide, kualitas foto, nilai berita yang ditampilkan dalam foto dan kejelasan sumber dokumentasi).

Sedangkan pada kategori merchandise, UI berada pada peringkat 3, menyusul Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 2, dan ITS peringkat 1.

Kriteria penilaian untuk kategori merchandise adalah kesesuaian antara tampilan dan jenis merchandise dengan bidang pekerjaan lembaga.

AMH Bakohumas diikuti oleh 175 peserta dari kalangan BUMN, Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Pemerintah Daerah, Kementerian dan Lembaga Negara, dan sebanyak 23 peserta dari PTN masuk dalam kategori. AMH Bakohumas 2010 merupakan penyelenggaraan keempat sejak tahun 2006. Kegiatan Anugerah Media Humas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran praktisi humas di Indonesia akan pentingnya media kehumasan sebagai media strategis dalam membangun komunikasi dengan masyarakat.

Vishnu mengatakan AMH Bakohumas juga diharapkan dapat menjadi tolak ukur kinerja praktisi humas di Indonesia dalam menghasilkan media kehumasan yang tepat sasaran, efisien, dan efektif.
(T.F006/P003)

Comments are closed.