Ada MIMPI dalam peMIMPIn

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan merupakan sebuah proses untuk mendalami kemampuan diri dengan melibatkan pengetahuan, nilai, wawasam, keterampilan, dan pengalaman berdasarkan mimpi atau sebuah tujuan. Lalu, jiwa kepemimpinan itu sendiri adalah kemampuan, yang disadari atau tidak, dapat mempengaruhi individu atau kelompok lain untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga dapat dikatakan bahwa PEMIMPIN adalah juga seorang PEMIMPI yang mengawali sebuah perubahan dari sebuah MIMPI.

Field Building Leadership Initiatives (FBLI) merupakan sebuah program untuk memunculkan para pemimpin potensial di tengah masyarakat ke permukaan yang kelak akan mengubah hal-hal yang belum baik ke arah yang lebih baik lagi. FBLI merupakan program di empat negara Asia untuk memunculkan tokoh-tokok pemimpin baru yang akan mengarahkan pembangunan global di masa mendatang. Saat ini, FBLI di Indonesia berfokus pada bidang kesehatan untuk menggali potensi-potensi masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip EcoHeatlh, FBLI berjalan untuk menggerakkan masyarakat dalam rangka memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Health check up 3

Kebutuhan sosok-sosok yang ahli di bidang kesehatan dengan berbekal kemampuan kepemimpinan masih terbilang sangat minim terlebih lagi praktisi dengan jiwa kepemimpinan yang sangat baik di bidang kesehatan sangat dibutuhkan baik di tingkat nasional maupun global. Masih minimnya profesional dan praktisi di bidang kesehatan, yang mempunyai jiwa kepemimpinan mumpuni, membuat pembangunan kesehatan tidak berjalan dengan maksimal dan merata terutama di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini, gerakan TRUE LEADERS menjadi pionir terdepan untuk membangun jiwa kepemimpinan pada segenap lapisan masyarakat, dalam bidang kesehatan khususnya.

1. TRUE LEADERS in Community

Masalah-masalah yang umumnya terjadi di berbagai lapisan masyarakat merupakan hasil dari keabstainnan sosok yang mampu mengayomi, mengajak, dan mempengaruhi masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin dalam masyarakat lebih banyak tercipta karena figur dan citra bukan karena kapasitasnya yang memang betul-betul mampu untuk menularkan wawasan, pengalaman, dan pengetahuannya kepada siapapun ke arah yang lebih baik. Gerakan TRUE LEADERS di tengah masyarakat tercipta untuk menumbuhkan semangat kepemimpinan masyarakat dalam mengawali perubahan di level terbawah. Sebagai awalan, saat ini Gerakan TRUE LEADERS di tengah masyarakat telah hadir di Pangalengan, Jawa Barat untuk mengawali perubahan terutama dalam menurunkan penggunaan antibiotik untuk hewan dan pupuk kimia untuk pertanian, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara tidak langsung. Diawali dengan pemanfaatan jamu ternak untuk hewan dan beternak cacing untuk mengembangkan kascing, masyarakat telah mengalami fase hidup yang lebih baik dengan produksi sapi perah yang meningkat dan kualitas produkasi tanaman meningkat. Gerakan TRUE LEADERS di Pangalengan dilaksanakan melalui program pemberdayaan masyarakat dimana masyarakat sendiri yang menentukan keinginnan dan mimpi mereka untuk memajukan Pangalengan. Berawal dari kelompok kecil pemberdayaan masyarakat ini, pengaruhnya menular dalam cakupan yang lebih besar di Pangalengan. Di sini lah arti sebenarnya bagaimana jiwa kepemimpinan dapat mengubah sebuah mimpi menjadi kenyataan yang lebih baik lagi.

Awal Program Pemberdayaan Masyarakat di Pangalengan

Aktivitas Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Jamu untuk Ternak

Aktivitas Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Kascing (1)

Aktivitas Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Kascing (2)

2. GLOBAL HEALTH TRUE LEADERS

Sehat merupakan hak dasar setiap warga negara dan sudah semestinya akses untuk kesehatan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat tanpa memandang status ekonomi, ras, agama, ataupun status lainnya. Banyaknya praktisi di bidang kesehatan saat ini seharusnya mampu mengatasi permasalahan pelik di bidang kesehatan baik di tingkat nasional maupun internasional. Sayangnya, akibat kurang dan terbatasnya praktisi kesehatan dengan semangat kepemimpinan yang tinggi, hanya segelintir orang saja yang mampu mengubah dan mempengaruhi pembangunan kesehatan. Global Health True Leaders (GHTL) adalah sebuah inisiasi untuk membekali para praktisi kesehatan muda dengan wawasan dan sikap seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang kelak akan banyak mempengaruhi pembangunan kesehatan nasional maupun global. GHTL tidak hanya dilaksanakan di Indonesia saja, namun telah dilaksanakan di tiga negara Asia lainnya: Thailand, Vietnam, dan Cina. Persaingan global yang semakin ketat serta masih minimnya praktisi kesehatan dengan bekal kepemimpinan membuat GHTL dinanti banyak praktisi muda di bidang kesehatan terutama di kawasan Asia.

GHTL di Indonesia

GHTL di Vietnam

GHTL di Thailand

GHTL di Cina

Leave a Reply