Jamu Untuk Hewan

Jamu adalah ramuan asli Indonesia yang telah banyak digunakan untuk pengobatan sesuai dengan efektifitas tanaman yang dikenal secara empiris turun-temurun. Jamu banyak digunakan oleh orang-orang jawa dengan tidak menggunakan material kimia sintetik yang additive. Jamu merupakan warisan tradisional Indonesia karena telah ada jauh sebelum ilmu farmasi modern memasuki Indonesia.

Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah berupa tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan dan sebagian besar belum banyak penelitian yang mendalami manfaat dari masing-masing tanaman. Bahan-bahan untuk membuat jamu dapat tersedia dan diperoleh dengan mudah sehingga harganya relatif murah jika dibandingkan dengan obat ataupun bahan kimia sintetik. Selain itu jamu juga tidak memiliki efek samping yang bersifat negatif pada tubuh sehingga jamu sangatlah aman untuk dikonsumsi. Sebagian besar jamu di Indonesia dikembangkan dari akar  tanaman yang mudah tumbuh di kebun maupun perkarangan rumah. Selain itu, sebagian jamu diracik dari dedaunan tanaman.

Banyak penelitian internasional menyimpulkan bahwa bahan-bahan yang terdapat pada jamu memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan, akar-akaran tanaman yang digunakan sebagai bahan jamu di Indonesia telah diteliti berbagai peneliti di berbagai belahan dunia mampu mengurangi risiko penyakit menular dan tidak menular, di antaranya adalah:

  1. Kunyit yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antibacterial
  2. Lengkuas bersifat anti-inflamasi dan ampuh meredakan radang
  3. Jahe mengandung phenolic sebagai senyawa bioaktif anti kanker dan bermanfaat untuk hati
  4. Lempuyang mengandung zerumbone sebagai antiviral, antioxidant, dan antimicrobial
  5. Kencur mengandung Ethyl-p- methoxycinnamate dan ethanolic yang berfungsi untuk mencegah bakteri berbahaya
  6. Temu ireng mengandung minyak atsiri sebagai anti mikroba E. Coli dan membunuh cacing parasit

Masih banyaknya ketergantungan penggunaan antibiotik terhadap industri peternakan nasional membuat jamu menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan tersebut. Saat ini penggunaan jamu masih sebatas untuk kesehatan manusia padahal kesehatan untuk hewan juga sangatlah penting karena terkait juga dengan kesehatan manusia. Oleh karena itu, pengembangan jamu untuk hewan dapat menjadi salah satu pemicu untuk menaikkan derajat kesehatan hewan secara langsung dan kesehatan manusia secara tidak langsung.

IMG_20141206_201317 IMG_20141206_201132IMG_20141206_201322

Leave a Reply