infeksi perut (Gastroenteritis)

Penyebab: Aneka jenis kuman penyakit yang hidup di dalam makanan.

Catatan: Penularan dari satu anak ke anak yang lain relatif lambat   dibandingkan penyakit infeksi lain yang ditularkan lewat udara. Misalnya, flu. Infeksi perut ini akan menyebabkan anak mencret-mencret

Penyakit ini menyerang seluruh keluarga, dimulai dari suami, menular ke adek cuma berselang dua hari, mas zidan juga kena…dokter memang bilang kalo penyakit ini menular…

BAHAN LAPORAN AKHIR ANALISA SPASIAL

LAPORAN PRAKTIKUM LAPANGAN

PENGGUNAAN GPS UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT

1.       Pendahuluan

(bahas latar belakang mengenai GPS untuk pengambilan data pada kesahatan masyarakat)

2.       Wilayah Penelitian

(jelaskan 1. wilayah penelitian pengambilan data GPS,2.  masukan peta wilaya, 3. Waktu survey, 4. Gambar/foto UI secara garis besar)

3.       Tinjauan Pustaka

(mengenai GPS)

4.       Hasil dan Pembahasan

(Jelaskan hasil track titik, koordinat, dan kondisi fisik wilayah saat itu,foto/gambar dari setiap titik)

5.       Kesimpulan

(kelebihan dan kekurangan data survey, kelebihan dan kekurangan GPS)

6.       Daftar Pustaka

Definisi Sistem Informasi Geografis

a.       Kang-Tsung Chang (2002) mendefinisikan SIG sebagai a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, and displaying geographic data (Aini, 2009).

b.      Murai (1999) mengartikan SIG sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya (Elly, 2009).

c.       Menurut Aronoff (1993), SIG merupakan sistem yang berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografis (Elly, 2009).

d.      Bernhardsen (2002) mendefinisikan SIG sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data (Elly, 2009).

e.       Menurut Gistut (1994), SIG adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap mencakup metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi (Aini, 2009).

f.       Burrough (1986) mendefinisikan SIG sebagai sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, mengelola, menganalisis dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai referensi keruangan untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan (Aini, 2009).

sumber :

Aini, Anisah. 2007. Sistem Informasi Geografi. http://eksan.komite-sman2bjb.web.id/wp-content/uploads/2008/04/sistem-informasi-geografi.pdf diakses 18 November 2009

Gaudeamus igitur

De Brevitate Vitae (Dalam Singkatnya Kehidupan), atau lebih dikenal dengan judul Gaudeamus igitur (“Karenanya marilah kita bergembira”) adalah lagu berbahasa Latin yang merupakan lagu komersium akademik dan sering dinyanyikan di berbagai negara Eropa. Di negara-negara Barat, lagu ini dinyanyikan sebagai anthem dalam upacara kelulusan.

Melodi lagu ini terinspirasi oleh lagu abad pertengahan, bishop of Bologna ciptaan Strada. Gaudeamus ini pada zaman dahulu di jerman merupakan lagu perjuangan kebebasan akademi.

Liriknya sendiri mencerminkan semangat para pelajar yang tetap semangat meskipun dengan pengetahuan bahwa pada suatu hari nanti kita semua akan mati, seperti terangkum dalam bait pertama pada baris ke-4 dan yang lebih diperjelas lagi pada isi bait ketiga, yang mengandung arti kesadaran akan dekatnya kematian dengan kehidupan manusia di bumi ini.

Dengan demikian bukanlah sebuah ‘ajakan’ untuk hidup dalam hedonisme seperti yang sering dituduhkan, hal ini dapat dilihat dari bait kedua dari stanza ini yang secara tersurat dan tersirat berisi pengakuan akan keberadaan alam lain setelah kematian yaitu surga dan neraka

De Brevitate Vitae dikenal dengan sebutan “Gaudeamus igitur” atau “Gaudeamus”, yang merupakan kata pembuka lagu ini. Di Britania Raya, lagu ini juga dikenal sebagai The Gaudie.

Gaudeamus igitur, iuvenes dum sumus
Gaudeamus igitur, iuvenes dum sumus
Post iucundam iuventutem
Post molestam senectutem
Nos habebit humus, Nos habebit humus

Vivat academia, Vivant professores
Vivat academia, Vivant professores
Vivat membrum quodlibet
Vivant membra quaelibet
Vivat senatores, Vivat senatores

 
 
Terjemahan lagu Gaudeamus

Mari kita bergembira, selagi masih muda
Mari kita bergembira, selagi masih muda
Setelah masa muda yang penuh keceriaan
Setelah usia tua yang penuh kesukaran
Tanah akan menguasai kita

Hidup kampusku, Hidup para profesor
Hidup kampusku, Hidup para profesor
Hidup setiap anggota
Hidup seluruh anggota
Hidup para senat, Hidup para senat

download link : http://id.wikipedia.org/wiki/Gaudeamus_igitur

Menu Sahur

Marhaban ya Ramadhan…..

SUP AYAM-JAGUNG

1 sdm mentega/margarine
30 g bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, memarkan
1 batang daun bawang, iris kasar
2 buah jagung manis, parut halus
600 ml Susu/Creamer (kalo gak suka susu pake creamer..)
2 buah jagung manis (pilih yang agak tua, biar dagingnya banyak), sisir bijinya
75 g dada ayam (ayam fillet), potong dadu kecil

50 g sosis ayam, potong dadu kecil
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air (jangan terlalu kental)

pala bubuk, merica bubuk, garam, gula, kaldu bubuk (secukupnya, sesuai selera)

Cara Membuat :

1. Tumis bawang Bombay dan bawang putih dengan mentega hingga layu dan harum.

2. Tambahkan daun bawang, aduk hingga layu.

3. Masukkan jagung manis parut, susu, bumbu dan dada ayam.

4. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

5. Tuangi larutan maizena, masak hingga mengental.

6. Masukan bumbu-bumbu lain

7. Angkat, sajikan hangat.

AYAM KLITIK KEJU

200 gr dada ayam, potong kecil-kecil

1 butir telur, kocok lepas

100 gr tepung terigu

100 gr tepung bumbu

100 gr bread crumb

Garam, merica bubuk

Keju parut kasar

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

1. siapkan bumbu tepung : campur tepung terigu, tepung bumbu, breadcrumb, garam, merica bubuk didalam tempat makan

2. dalam wadah masukan telur kocok dan ayam yang sudah dipotong-potong, lumuri ayam dengan telur

3. ambil ayam yang telah dilumuri telur dan masukan ke dalam adonan tepung

4. kocok-kocok ayam dan tepung

5. panaskan minyak goreng, lalu setelah panas, masukan ayam dan goreng hingga berwarna keemasan

6. setelah matang, letakkan di piring dan di taburi parutan keju

ketika nilai akhir keluar…(curhat…)

selama dua minggu ini merupakan minggu-minggu yang paling melelahkan fisik dan perasaan. Apalagi ketika nilai UAS mulai diumumkan, banyak yang melakukan protes atas nilai mereka…hah…beda banget waktu jaman aku kuliah (tahun 90an) … nilai yang dikeluarkan oleh para dosen aku terima dengan lapang hati … karena memang aku merasa tidak bisa atau kesalahan ketika ujian, tapi sekarang….?

seperti mata ajaranku, ketika UAS dilakukan di lab komputer dan jawaban ujian dikirim lewat email langsung saat itu juga…semua orang protes…1. sistem internet-nya yang lemot; 2. programnya tiba-tiba “hang”; 3. waktunya kurang; 4. soalnya kebanyakan; 5.  …

kalo ditampung tuh protesnya..banyak…

Ketika nilai akhir keluar…

Kuburan – Lupa Lupa Tapi Ingat

kuburan.jpgAku baru denger kelompok musik ini tapi anak-anakku dan keponakan udah hapal sama liriknya yang “lupa lupa tapi ingat”…

Grup musik itu hadir dengan ciri khasnya yang wajahnya memakai topeng warna putih yang mengambil inspirasi dari penampilan Ria Jenaka dan memakai pakaian panggung.

come on…singing with me…

Leee mari mari rame rame kita kumpul tapi gak kebo
Leee bukan nyanyi tulo tulo mari kita nyanyi yo

[*]
Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Ingat, ingat ingat ingat, cuman ingat kuncinya
Ingat, aku ingat ingat, cuman ingat kuncinya

[**]
C A minor D minor ke G ke
C lagi A minor D minor ke G ke
C lagi A minor D minor ke G ke
C lagi

Back to [*] [**]

C A minor D minor Ke G ke
C lagi A minor Demi moore ke C
Ke C lagi D minor ke G ke C lagi A minor D minor ke G ke C lagi A minor D minor Ke G Ke C lagi A minor D minor ke G ke C lagi

Nah abis dari C kita kemana nih,
Sudahlah kita ke C lagi saja (ke C lagi) jangan pusing-pusing
Tau nih kayaknya ke C lagi aja (ke C lagi) jangan ngikutin teruslah
Berantakan ini yang dapet (ke C lagi)
Ey yang bener udahlah ganti ini
Ke C lagi ke c lagi (ke C minoor)

sumber : http://gudanglagu.com/k/kuburan/kuburan-%e2%80%93-lupa-lupa-tapi-ingat/#lirik

Pembangunan kesehatan

Menurut H.L Blum (1974) derajat kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lingkungan, perilaku, pelayanan medis dan keturunan. Yang sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan adalah keadaan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan perilaku masyarakat yang merugikan, baik masyarakat di pedesaan maupun perkotaan yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat dibidang kesehatan, ekonomi maupun teknologi (Departemen Kesehatan RI, 2004).

Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kesehatan masyarakat baik dalam bidang promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif agar setiap warga masyarakat dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya baik fisik, mental dan sosial serta harapan berumur panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut Winslow menetapkan suatu syarat yang sangat penting, yaitu harus ada pengertian, bantuan dan partisipasi masyarakat secara teratur dan terus menerus (Effendy, 1998).

SIG untuk Kesehatan Masyarakat

Apakah itu Sistem Informasi Geografis (SIG)? SIG adalah sebuah ”sistem”, yang digunakan untuk mengelola ”geographic information”[1]. Sistem informasi geografi adalah informasi yang sifatnya geografis yang menjelaskan suatu keadaan ”ruang” atau wilayah atau yang dikenal dengan istilah spasial (spatial), sehingga analisa dalam SIG biasanya dikenal dengan analisa spasial (analisa keruangan).

SIG dapat berperan penting sebagai alat yang dapat memperlihatkan masalah kesehatan masyarakat, terutama berdasarkan kepada wilayah atau area yang lebih spesifik, melalui kemampuan analisis secara ruang (spatial analysis), sehingga perencanaan intervensi kesehatan menjadi lebih spesifik dan berdasar kepada wilayah sasaran. SIG di bidang kesehatan adalah teknologi atau alat yang dapat dikembangkan untuk membantu pelayanan dan intervensi kesehatan yang berbasis kepada analisis wilayah (spatial analysis)


[1] Sandy, IM, 1999

do…re…mi…

sound-of-music.jpgpernah nonton film sounds of music? pasti kenal dengan babysitter ini. kalo liat gambar disamping ini, suster maria ini sedang mengajarkan lagu “do..re…mi…”

Doe, a deer, a female deer
Ray, a drop of golden sun
Me, a name I call myself
Fa r, a long, long way to run
Sew, a needle pulling thread
La, a note to follow So

Tea, a drink with jam and bread
That will bring us back to Do (oh-oh-oh)

atau lagu yang satu ini….

Edelweiss, Edelweiss
Every morning you greet me
Small and white, clean and bright
You look happy to meet me

Blossom of snow may you bloom and grow
Bloom and grow forever

Edelweiss, Edelweiss
Bless my homeland forever

Ayo…ikutan singing class….