Pesimistis aktor pembangunan di kawasan strategis perbatasan Indonesia

Pesimistis aktor pembangunan di kawasan sensitif
(strategis perbatasan Indonesia)

indtetangga

Berkaca pada program-program pembangunan di wilayah sensitif strategis selama Indonesia merdeka (1945 sd 2016 = 71 tahun), apa hasil yang dirasakan mereka yang ada di wilayah sensitif perbatasan tersebut. Wilayah Indonesia berbatasan langsung dengan perbatasan 10 negara di sekitarnya: Daftar Negara Tetangga Indonesia yang Berbatasan Langsung dengan Negara Kita. Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia baik di darat maupun di laut, yaitu antara lain :

1. Australia (batas laut)
2. Filipina (batas laut)
3. India (batas laut)
4. Singapura (batas laut)
5. Vietnam (batas laut)
6. Republik Palau (batas laut)
7. Thailand (batas laut)
8. Malaysia (batas laut dan batas darat)
9. Timor Leste (batas laut dan batas darat)
10. Papua Nugini (batas laut dan batas darat)

Dari 10 negara tersebut semuanya memiliki batas laut. Adapun yang juga memiliki batas darat yaitu 3 negara :
8. Malaysia
9. Timor Leste
10. Papua Nugini
(sering 3 negara ini hanya memiliki batas darat, tetapi juga memiliki batas laut)
Batas UTARA
Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah utara memiliki batas laut saja, yaitu antara lain :

1. Filipina (batas laut)
2. Vietnam (batas laut)
3. Republik Palau (batas laut)
4. Singapura (batas laut)
5. Thailand (batas laut)

Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah Utara memiliki batas laut dan batas darat, yaitu:
6. Malaysia (batas laut dan batas darat)

Batas BARAT

Di bawah ini adalah daftar negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah Barat memiliki batas laut, yaitu antara lain :
1. India (batas laut)
Batas TIMUR
Di bawah ini adalah daftar negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah Timur yang memiliki batas laut dan batas darat, yaitu antara lain :
1. Papua Nugini (batas laut dan batas darat)
Batas SELATAN
Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah Selatan, yang memiliki batas laut yaitu :
1. Australia (batas laut)
Di bawah ini adalah daftar negara yang mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia di sebelah Selatan yang memiliki batas laut dan batas darat, yaitu antara lain :
2. Timor Leste (batas laut dan batas darat)

Daftar Negara Lain yang Dekat Dengan Negara Kita 

Di bawah ini adalah daftar negara yang tidak mempunyai perbatasan negara dengan negara kita Indonesia akan tetapi jaraknya sangat dekat dengan negara kita, yaitu antara lain :

1. Brunei Darussalam (dalam satu pulau Kalimantan)

Memperhatikan 10 negara yang berbatasan langsung dengan batas negara Indonesia secara fisik baik batas laut saja maupun batas laut dan batas darat di atas. Dapat dibedakan lagi menurut keanggotaan ASEAN, yaitu:

Dari 10 negara tersebut yang merupakan anggota ASEAN adalah:
1. Malaysia, 2. Singapura, 3. Philipina, 4. Vietnam, 5. Thailand
dan yang bukan anggota ASEAN, adalah:
6. Timor Leste (observer) 7. Papua Nugini (observer?) 8. Republik Palau 9. Australia 10. India (Mitra wicara sektoral sejak 1992)
Beberapa negara telah bersaingan membuat klaim teritorial atas Laut Cina Selatan. Perselisihan tersebut dianggap sebagai titik konflik Asia yang paling berpotensi bahaya (wilayah sensitif). Perselisihan yang telah timbul.
  • Indonesia, RRC, dan Taiwan atas daerah perairan di timur laut Kepulauan Natuna
  • Filipina, RRC, lan Taiwan atas ladang gas Malampaya dan Camago.
  • Filipina, RRC, lan Taiwan atas Scarborough Shoal.
  • Vietnam, RRC, lan Taiwan perairan di sebelah barat Kepulauan Spratly. Kesemua atau beberapa  pulau-pulau di daerah tersebut juga tengah diperebutkan Vietnam, RRC, Taiwan, Brunei, Malaysia, dan Filipina.
  • Kepulauan Paracel dipersengketakan antara RRC lan Vietnam.
  • Malaysia, Kamboja, Thailand dan Vietnam atas daerah di Teluk Thailand.
  • Singapura dan Malaysia di sepanjang Selat Johor lan Selat Singapura.
ASEAN telah mengeluarkan deklarasi tentang masalah ini, menyerukan semua negara untuk menangani masalah tersebut tanpa menggunakan kekerasan.
Provinsi Sensitif :
Dua provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Barat.
Permasalahan batas Timor Leste dan Australia
Timor Leste sudah lama memperselisihkan perjanjian batas maritim mereka saat ini dengan Australia, terkait dengan ladang minyak dan gas Greater Sunrise.
Kabupaten Sensitif di Nusa Tenggra Timur:
Empat kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste, yakni Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Kupang.
Malaysia vs Indonesia
Malaysia memiliki beberapa sengketa perbatasan dengan Indonesia, di antaranya adalah wilayah Tanjung Datu, Camar Wulan dan Ambalat.

Ambalat yang sekarang tengah ramai diberitakan adalah blok laut yang terletak antara Kalimantan Timur dan Sabah. Terletak di atas jantung basin Pasifik, Ambalat memiliki kekayaan laut yang kaya, termasuk lebih dari 3.000 spesies ikan dan ratusan koral. Wilayah ini juga punya cadangan minyak dan gas berlimpah yang diperkirakan bisa dieksploitasi hingga 30 tahun lamanya.

Dari sekian permasalahan perbatasan yang ada di sekitar batas wilayah Indonesia, memiliki dampak yang sangat tidak menguntungkan dalam pelaksanaan pembangunan oleh aktor-aktor pembangunan di wilayah sensitif tersebut. Dan ini adalah permasalahan yang sangat jelas secara hukum (de jure) yang dapat dicarikan jalan penyelesaian melalui ASEAN maupun PBB.
Tetapi bagi seluruh provinsi dan kabupaten-kabupaten yang berada di perbatasan dengan 10 negara tersebut di atas perlu pemerintah pusat menyadari bahwa wilayah mereka adalah wilayah sensitif, meskipun tidak terjadi konflik perbatasan secara nyata yang dipermaslaahkan, tetapi praktek-praktek penguasaan wilayah secara de facto juga perlu diperhatikan oleh Pemerintah Pusat. Hampir seluruh provinsi dan kabupatennya yang berbatasan dengan Malaysia secara de facto lahannnya digunakan oleh investor malaysia melalui penguasaan lahan perkebunan sawit.  Masyarakat perbatasan sebagai buruh kebun, sedangkan pemerintah pusat kurang menyadari hal ini (pantai timur Sumatera hingga pedalaman sumatera, kalimantan Barat dan Kalimantan Timur perbatasan dengan serawak dan sabah).
Keberdayaan pemerintah daerah untuk menjaga NKRI secara de facto sangat lemah. Untuk itu suatu keharusan prioritas pembangunan di wilayah sensitif tersebut untuk diperhatikan secara seksama.
Setelah Pulau-pulau terdepan (sering menggunakan penyebutan pulau terluar) diperhatikan dan sangat menyadarai bahwa batas laut dengan negara lain adalah prioritas (Penguasaan laut / teritorial Maritim), seharusnya dilanjutkan kabupaten-kabupaten terdepan juga harus diperhatikan (Penguasaan Daratan). Bukan sibuk di pedalaman Indonesia (sering menggunakan istilah wilayah pusat; khususnya Jawa) yang notabene pulau Jawa memang penduduknya terpadat. Tapi NKRI memeiliki wilayah depan Bung, yang sekarang sangat sensitif.
Pertanyaan: 1.Kabupaten mana saja yang merupakan wilayah sensitif? 2.Provinsi mana saja yang merupakan wilayah sensitif? 3. Apa pembangunan yang dikerjakan di Natuna, Anambas, Entikong sd Tarakan (perbatasan Kalimantan), Sangihe Talaut, Morotai (Sulawesi Utara dan Maluku Utara),  Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Kupang (Nusa Tenggara Timur), Pulau Weh (NAD) dll?

About taqy