Situs Pasir Gao’ (Sindang Barang, Cianjur Selatan)

Telusur Situs,13 Januari 2016, Ditemukan situs yang oleh orang kampung lokasinya di sebut “Pasir Gao’ “, menuju ke lokasi : dapat ditempuh dari Cianjur – Cibeber – Campaka – Sukanagara – Cibinong —- Sindang Barang – ke (arah barat) ketemu jembatan sungai Ci Sadea — ketemu Jembatan sungai ambil jalan ke kanan di tepi sungai sebelum menyebrang jembatan – lurus ke Utara sekitar 3 km jalan sangat terjal dan berbatu dan sempit (mobil biasa jangan maksa ke sana, mending jalan kaki), lalu menyebrang jembatan anak-anak sungai sampailah di warung di bawah kiri jalan.

Dari Warung tersebut menuju ke lokasi, pengunjung menyeberangi sungai kecil yang kalau musim kemarau tidak berair (kering) berpasir, dari sini dilanjutkan melintas pematang sawah masyarakat dan sampailah di tepi bukit yang namanya “Pasir Gao’ ” tidak ada jalan setapak menuju ke puncaknya. Dengan menerabas semak-semak yang kadang berduri (lebih baik bawa golok untuk buka jalan), hingga puncak bukit/pasir memakan waktu 30 menit sampailah di dekat pohon Kiara di sisi Timur Dataran puncak bukit dan Pohon Gempol di sisi Barat dataran puncak bukit. Di dataran puncak diantaranya oleh penguasa tanah di tanami pohon jati yang cukup rapi. Di dataran puncak di bawah pohon2 jati yang baru setinggi 2 meteran terlihat sangat rapi tertutup rumput berduru (sejenis vegetasi putrimalu) tetapi tidak hidup dengan subur (kerdil), hanya hidup melapisi batuan yang lapuk (jangan dicabut keras dan berduri).

Setelah melakukan pengamatan sekilas dengan terbatasnya waktu ditemukan batu besar (hanya satu) panjang 1,5 m tinggi 1 m dan lebar 1 m, dari batu tersebut menghadap ke utara nampak jajaran batu kapur yang tersusun berundak (batu kapur tersebut berasal dari bukit setempat yang merupakan bukit kapur, pemanfaatan bangunan dari batu kapur masih berlanjut hingga kini oleh masyarakat kampung. Di bawah pohon Gempol terdapat serupa makam, oleh orang kampung sering untuk sesajian. Kadang ada yang datang dari Banten, Bandung menuju makam ini dan tidak tahu menahu bahwa itu suatu bangunan besar (punden berundak).

  1. pasir gao dikelilingi sawahPasir Gao’ (Bukit)

P SG3 Jalan desalokassi Pasir Gao' jalan menuju pasir gao

 

 

 

batu kapur bukti budaya berlanjut

jalan pematang sawah menuju pasir Gaobang onen, sampai perbatasan sawah dan pasir batu besar satu-satunya di pasir gao fitur yang sambung sinambung jejak bangunan di pasir gao vegetasi putri malu kerdil

 

 

 

 

 

 

 

 

About taqy