My Profile

Saat ini saya menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Geologi dan S1 Geofisika yang pertama di FMIPA-UI. Jabatan ini diemban semenjak kedua Program Studi tersebut berdiri pada Mei akhir 2015. Sebelumnya saya adalah staf dosen di Departemen Fisika, FMIPA-UI dan tergabung dalam Peminatan Geofisika sejak tahun 1999. Selain mengajar di jenjang S1, saya masih aktif mengajar di S2 Ilmu Fisika pada Kekhususan Geofisika Reservoar dan Kekhususan Geotermal. Saya mengajar mata kuliah Fisika Dasar, Komputasi Fisika, Analisis Numerik, Metode Matematika untuk Geofisika, Analisis Data Geofisika, dan tidak ketinggalan Instrumentasi Geofisika.

Saya lulus S1 dari Program Studi S1 Fisika, FMIPA-UI pada tahun 1997 dengan judul skripsi Kalibrasi Parameter Geophone menggunakan Fast Fourier Transform dibawah bimbingan Dr. Suprajitno Munadi dan Wibawa Utama, M.Sc. Pendidikan S2 saya juga ditempuh di FMIPA-UI, yaitu di Program Studi S2 Ilmu Fisika. Tesis S2 saya berjudul Penentuan Konstanta Dielektrik Pipa Menggunakan Metode Ground Penetrating Radar dibawah supervisi Dr. Linus A. Pasasa dan Dr. Suprajitno Munadi; lulus tahun 2002. Adapun gelar Doctor of Engineering (pendidikan S3) saya raih pada tahun 2006 dari Department of Earth Resources Engineering, Faculty of Engineering, Kyushu University, Japan. Judul disertasi Doktor saya adalah Integrated Geoelectrical Studies of The Sibayak Geothermal Field (Indonesia) dibimbing oleh Prof. Keisuke Ushijima dan Prof. Sachio Ehara.

Pada tahun 2009, dari bulan April hingga November, saya mendapat kesempatan bergabung dalam lembaga riset internasional dibawah payung PBB, yaitu International Centre for Sciences and High Technology, United Nations Industrial Development Organization, ICS-UNIDO, yang berkedudukan di Trieste, Italy. Saya bertanggung jawab atas riset bertemakan Geothermal Resources Assesment at Mt. Karang and Mt. Endut Geothermal Sites in Indonesia dibawah supervisi Prof. Michele Pipan. Saya ditempatkan dalam program Geothermal Energy Resource Exploration and Evaluation Technology – Area of Earth, Environment and Marine Sciences, and Technologies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *