Bidang Referensi Tinggi

Koordinat vertikal membutuhkan bidang referensi/datum sebagai titik nol ketinggian .  Terdapat beberapa macam bidang referensi vertikal yang sering digunakan, yaitu:

  1. Ellipsoid
  2. Geoid
  3. Mean Sea Level (MSL) – Rata-rata permukaan laut –> mdpl

Ellipsoid adalah bentuk bumi yang dihasilkan dari perputaran ellips terhadap sumbu axisnya (Meyer, 2007). Sementara itu, Li dan Gotze (2001) menyatakan ellipsoid adalah bidang geometri yang dijadikan referensi titik di permukaan.Geoid

Geoid adalah bidang ekipotensial dari medan gayaberat bumi yang paling berhimpit dengan MSL di laut (Li and Gotze, 2001). Namun definisi ini tidak tepat, karena pertama MSL bukan sebuah bidang yang ekipotensial akibat proses dinamika laut, kedua permukaan ekipotensial yang sesungguhnya berada di bawah massa adalah melengkung akibat gaya tarik gravitasi dari massa yang berada di atasnya.

MSL adalah rata-rata dari ketinggian permukaan laut yang mengacu pada ellipsoid.

Bidang referensi vertikal yang paling ideal adalah bidang ekipotensial, yaitu bidang di mana tidak terdapat perbedaan potensial. Pada bidang ekipotensial, air tidak akan mengalir. Bumi memiliki banyak bidang ekipotensial. Bidang ekipotensial menyelimuti bumi seperti lapisan bawang (Deakin, 1996). Lapisan- lapisan tersebut tidak saling berpotongan tetapi juga tidak parallel. Lapisan tersebut menerus – tidak terputus. Ellipsoid dan MSL bukan bidang ekipotensial, sedangkan geoid adalah bidang ekipotensial. MSL tidak memiliki potensial yang konstan karena dinamika laut (Li and Gotze, 2001).

Perhatikan Gambar di atas, ketinggian ortometrik (orthometric height – H) mengacu pada referensi ketinggian Geoid (MSL). Satuan ketinggian ortometrik secara umum disebut mdpl (meter dari permukaan laut). Sedangkan ketinggian yang terbaca oleh alat GPS, termasuk GPS geodetik, adalah ketinggian elipsoid (elipsoid height – h) yang tidak mengacu pada MSL, sehingga satuannya bukan mdpl.

Salah satu tools online dan free untuk mengkonversi ketinggian yang diperoleh dari pembacaan GPS menjadi ketinggian mdpl telah disediakan oleh UNAVCO, yaitu Geoid Height Calculator. Tampilannya sebagai berikut:

Hasil konversi adalah sebagai berikut

Catatan: konversi ketinggian masih menggunakan EGM96, sementara saat ini sudah ada EGM2008.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *