Formulir Akademik di Masa Pandemi

Banyak mahasiswa memerlukan surat pengantar dari Pimpinan FMIPA UI untuk berbagai keperluan seperti surat pengantar Tugas Akhir, surat pengantar permohonan data ke instansi lain, surat pengantar Kerja Praktik, surat keterangan mahasiswa aktif, transkrip nilai, kelengkapan pengajuan beasiswa, hingga kelengkapan pengurusan pensiun dan tunjangan orang tua.

Semua surat pengantar akan diterbitkan oleh Pimpinan Fakultas manakala mahasiswa sudah mengisi formulir dan menyerahkannya ke Fakultas. Formulir harus ditanda-tangani oleh mahasiswa dan Ketua Program Studi (Kaprodi). Adapun tanda-tangan Pembimbing Akademik terkadang bisa diwakili oleh Kaprodi. Untuk formulir yang berkaitan dengan Tugas Akhir, harus ada tanda-tangan Dosen Pembimbing Tugas Akhir.

Semua formulir dapat didownload dari laman https://www.sci.ui.ac.id/form-paf/

Setelah download segera isi formulirnya. Bisa juga sebelum diisi diubah dulu format filenya kedalam Ms. Word lewat bantuan https://pdf2doc.com/

Jangan lupa ditanda-tangani oleh mahasiswa yang mengajukan. Lalu kirim filenya (dalam word ataupun pdf) ke Kaprodi melalui WA atau email supriyanto@sci.ui.ac.id untuk ditanda-tangani dan diberi stempel. Setelah itu, biasanya, Kaprodi akan menerukan formulir tadi ke staf Bagian Akademik FMIPA melalui WA. Namun, mahasiswa bisa saja menyerahkan formulir tadi ke Bagian Akademik FMIPA.

Setelah diserahkan, hal yang bisa dilakukan mahasiswa hanya menunggu sampai surat pengantar diterbitkan. Kalau beruntung bisa hari itu juga terbit. Secara aturan, proses penerbitan surat pengantar paling lama adalah 5 hari kerja.

Semoga informasi ini bermanfaat buat mahasiswa Geosains, FMIPA UI.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *