Penelitian & Pengabdian Masyarakat buat Mahasiswa Geosains

Kuliah di kelas maupun praktikum di lapangan membekali mahasiswa dengan ilmu dan pengalaman. Bekal tersebut dimanfaatkan saat mengerjakan penelitian. Penelitian bertujuan untuk memecahkan sesuatu yang dianggap masalah. Metode pemecahan masalah yang sudah teruji valid, pada gilirannya, ditularkan atau disosialisasikan kepada masyarakat dalam suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Indonesia menyediakan dana penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bentuk hibah yang terpisah, yaitu hibah penelitian dan hibah pengabdian masyarakat. Meskipun yang mengajukan harus seorang dosen, kesempatan mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sangat terbuka lebar. Adanya keterlibatan mahasiswa menjadi syarat untuk mendapatkan hibah-hibah tersebut.

Target kegiatan penelitian adalah menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam seminar nasional/internasional. Mahasiswa, dengan dana dari hibah penelitian, yang ingin berpartisipasi akan dibiayai seluruhnya meliputi biaya registrasi, transportasi, danĀ  akomodasi. Tidak dibatasi di dalam negeri, seminar di luar negeri pun sangat memungkinkan. Sementara target kegiatan pengabdian masyarakat adalah (1) pemberitaan di media cetak atau online berskala nasional, (2) foto dan video kegiatan yang terakses di dunia maya atau media sosial. Semuanya itu memberikan pengalaman yang sangat berharga buat mahasiswa.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *