Kemana arah geofisika UI?

Geofisika sebagai ilmu dasar bertujuan menemukan hal-hal baru di bumi Indonesia yang sangat berarti bagi dunia ilmu pengetahuan baik di dalam negeri maupun di manca negara. Penemuan yang demikian merupakan dasar penelitian-penelitian yang lebih rinci.

Geofisika sebagai ilmu terapan yaitu menerapkan dasar-dasar ilmu fisika untuk mencari sumber daya alam yang dikandung bumi dengan tujuan ekonomi, yaitu mensejahterakan rakyat. Sebagai ilmu terapan, geofisika memegang peranan penting dalam kegiatan eksplorasi dalam pencarian sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi, mineral, batubara, air tanah dan sumber panasbumi. Kaidah fisika yaitu kegempaan, kemagnetan, gravitasi, kelistrikan dan keradioaktifan adalah landasan perancangan cara-cara eksplorasi sumber daya alam. Di samping eksplorasi untuk sumber daya alam, geofisika juga digunakan untuk keperluan pembangunan infrastruktur, seperti pembuatan waduk, jalan raya, jalan tol dan bangunan seperti jembatan, gedung, bertingkat, dsb.

Perkembangan geofisika untuk eksplorasi sangat cepat yang meliputi akuisisi data, pengolahan data dan interpretasi data. Perangkat keras dan lunak banyak tercipta untuk mendapatkan data yang baik dan terpercaya. Pengolahan data memegang peranan sangat penting dalam pekerjaan eksplorasi. Bagian ini memerlukan pengetahuan matematika dan ilmu komputer, sedangkan akuisisi data memerlukan pengetahuan perangkat elektronika maupun peralatan mekanik. Sementara, bagian interpretasi memerlukan pengetahuan geologi yang cukup.

Ke arah mana pengajaran geofisika di Universitas Indonesia? Ke ilmu dasar atau ilmu terapan? Atau kedua-duanya? Akankah seseorang yang belajar geofisika sebagai ilmu dasar dapat bekerja sebagai ahli geofisika terapan? Tentunya dapat, karena dasar-dasarnya juga di dapat di ilmu dasar. Di Universitas Indonesia kedua ilmu tersebut diajarkan secara berurutan dengan porsi seimbang.

Namun ada hal yang lebih mendasar untuk menjawab pertanyaan di atas, yaitu kehendak pemerintah saat meminta UI membuka Program Studi S1 Geofisika. Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, menerima surat mandat pendirian program studi baru dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada masa itu dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. Surat bernomor 358/E.E2/DT/2014 tertanggal 16 April 2014 berisikan mandat kepada UI untuk menyelenggarakan 2 (dua) program studi (prodi) S1 yang terkait langsung dengan ilmu kebumian yaitu Program Studi S1 Geofisika dan Program Studi S1 Geologi. Mandat diberikan dalam rangka menyikapi fenomena bencana alam berupa aktifitas gunung api dan gempa bumi yang memperlihatkan peningkatan frekuensi dan intensitas, serta menjawab tantangan pengelolaan sumber daya alam, mineral serta energi bumi di Indonesia. Dirjen Dikti juga menggarisbawahi bahwa pengembangan kedua program studi tersebut dimaksudkan untuk a) mendukung keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam dalam bingkai masyarakat yang berketahanan, b) penyelamatan bumi serta sumber daya alam Indonesia dan c) meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Pada tingkat pertama, mahasiswa diwajibkan mengambil matematika, fisika, kimia, biologi dan geologi dasar. Pada tingkat dua, diajarkan geologi lanjut seperti geologi struktur, geodinamika, kristalografi dan mineralogi, dasar elektronika dan komputasi numerik. Pada tingkat tiga, mahasiswa akan diajarkan metode-metode geofisika, pengolahan dan analisis data geofisika, geostatistika, geokimia, penginderaan jauh serta geologi untuk eksplorasi sumber daya alam (minyak dan gas bumi, panasbumi, mineral logam dan non logam, air tanah, mitigasi bencana). Dan pada tingkat empat mahasiswa akan diajarkan cara-cara eksplorasi sumberdaya alam dengan menerapkan dan mempraktekan cara akusisi, pengolahan serta interpretasi dalam lingkup kerja praktek di industri dan penelitian tugas akhir (skripsi). Selengkapnya dapat dilihat pada distribusi mata kuliah per semester di bawah ini

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *