Geologi & Geofisika Seperti Dua Sisi Koin Mata Uang

Geofisika merupakan salah satu ilmu kebumian yang mempelajari alam dan isinya memanfaatkan kaidah-kaidah ilmu fisika. Selama manusia hidup, mereka akan tetap membutuhkan bahan galian yang ditambang dari dalam bumi, mereka akan membutuhkan energi yang sebagian besar juga masih diperoleh dari bagian dalam bumi, yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Kitapun akan membutuhkan tempat bermukim yang aman dari gangguan bencana alam, yang merupakan gejala alam yang masih harus dipahami oleh para pakar kebumian, untuk mengurangi dampak kerugiannya. Unsur-unsur tersebut akan semakin langka, semakin sulit diperoleh dan diidentifikasi, sehingga memerlukan cara-cara dan pendekatan baru yang lebih maju untuk mendapatkannya.

Metoda pengamatan geofisika sudah dikenal sebagai suatu cara yang tidak memerlukan sentuhan langsung terhadap obyek yang diselidiki. Kaidah-kaidah ilmu fisika dengan perantaraan medan gravitasinya, medan listriknya, medan magnetnya, gelombang seismiknya, gelombang soniknya, sifat-sifat radioaktifitasnya dan lain-lain memberikan cara bagaimana dapat menyelidiki obyek-obyek tadi.

Dilain pihak, geologi sebagai salah satu ilmu kebumian justru memerlukan sentuhan-sentuhan dan penglihatan nyata dalam melakukan pengamatan terhadap bentuk dan jenis dari suatu obyek. Namun pada akhirnya sebagai kesimpulan, pengamat geologi harus mampu untuk melakukan prediksi, terhadap bentuk daripada obyek yang tidak dapat mereka sentuh dan lihat, karena memang berada diluar jangkauan tangan dan mata mereka, karena berada jauh di bawah permukaan bumi. Meskipun statusnya masih prediksi, asumsi ataupun perkiraan, tentunya diharapkan hasilnya tidak terlalu menyimpang dari kenyataan.

Dari uraian di atas, akan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa kedua ilmu kebumian tadi mempunyai segi-segi kelemahan sendiri-sendiri untuk melakukan analisis, yang mampu menghasilkan luaran yang sempurna, mendekati kenyataan dengan penyimpangan sekecil mungkin. Untuk itu diperlukan kerjasama dari kedua ilmu kebumian tadi agar lebih tajam dalam mengungkap bagaimana dan apa sebenarnya yang tersimpan di dalam permukaan bumi. Geologi dan Geofisika tidak bisa dipisah-pisah, keduanya harus menyatu bagaikan dua sisi koin mata uang.

This entry was posted in Geosains. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *