Berbagai Visi Universitas

Universitas merupakan institusi yang mempunyai empat misi utama yaitu (1) mengajar mahasiswa menjadi orang yang berbudaya, (2) mendorong aktivitas penelitian (research), (3) mencetak pemimpin masa depan dan (4) mendidik mahasiswa agar menjadi kompeten  dalam keprofesiannya (Gasset, 1966). Ke-empat misi tersebut akan membentuk visi suatu universitas. Perbedaan porsi penguatan di ke-empat misi tersebut menentukan warna visi suatu universitas.

Sekarang ini terdapat dua aliran visi universitas. Pertama ialah universitas riset, yaitu universitas yang mengutamakan kegiatan riset dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan. Universitas semacam ini relatif sedikit melakukan kegiatan pendidikan dalam jenjang sarjana, pelatihan-pelatihan untuk karyawan industri, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kedua adalah universitas komprehensif, yaitu universitas yang cenderung mendidik mahasiswa dengan berbagai bidang disiplin dan khususnya untuk tingkat sarjana. Universitas semacam ini juga menyiapkan mahasiswanya untuk dapat berkarir pada berbagai bidang dan profesi. Konsekuensinya, universitas ini tidak memiliki porsi aktifitas riset yang besar.

Berdasarkan Statuta Universitas Indonesia (PP No 68/2013), visi Universitas Indonesia telah ditetapkan yaitu untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia.

This entry was posted in Kampus. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *