Kenangan Terindah Elektro UI di Pantai Jimbaran, 7 Juli 2011

Tatkala senja menyapa pantai pasir putih Jimbaran yang bersuasana liburan, suasana diterangi kerlap-kerlip lampu romantis dari refleksi perahu yang dilamun ombak dipantai. Pantai dipenuhi pengunjung restoran pantai gigantik bersuasana multinasional, romantis dengan lampu redup di tiap meja.

Penghujung hari, malam penuh bahagia keluarga besar Departemen Elektro FTUI. Anak-anak yang bermain lepas ditepi pantai, tak lelah walau seharian sudah menyaksikan gemuruh ombak di Tanah Lot dan sejuk lembut angin di Bukit Kintamani (Ebiet G Ade).

Momentum tahunan ke 12 di departemen elektro, hampir sama usianya dengan konferensi QIR yang telah makin membesar dengan 500 peserta dari 22 negara. Apresiasi pada Prof Djoko Hartanto yang menginisiasi event-event ini. Begitu konferensi internasional ditutup Wadek FTUI, Dr Dedi dan ketua panitia Prof Bondan, para dosen elektro langsung menjemput keluarga ke airport Bali, dilanjutkan makan malam di Mang Engking Denpasar. Di hotel kami ada rombongan Metalurgi, dan konon sebagian dosen FT jurusan lain melanjutkan perjalanan bersama ke Lombok. Sebagian peserta mengikuti tour di Bali sehari setelah seminar.

Tahun ini perbedaan mulai terasa. Pertama kalinya family gathering elektro dengan pesawat, semua berlibur karena ada Event Organizer, semua sudah makin baik standarnya: transportasi, penginapan di FaveAston, dan atraksi world class yang menimbulkan kebanggaan pada nusa dan bangsa. Disudut meja di tepi pantai Jimbaran saya lihat warga asing yang menyaksikan acara keluarga tahunan ini.

Rasa lelah dan kerja keras setelah menginisiasi topik riset, mengolah data dan menuliskannya menjadi paper ilmiah layak QIR, terbayarkan dengan bahagia menyaksikan keindahan pulau dewata yang dirasakan seluruh anggota keluarga. Perhelatan ilmiah yang penuh makna. Bahwa setelah semua dicapai kita perlu menceritakan dan merayakannya. Milestone perjalanan yang perlu dirayakan, bukan destinasinya.

“Bila yang tertulis untukku.
Adalah yang terbaik untukmu.
Kan kujadikan kau kenangan.
Yang terindah dalam hidupku”, lagu Samsons itu mengalun pelan dibawakan musikalis restoran “the Fountain”.
Surprise hari ulang tahun hari ini. Seperti de javu yang sudah saya bayangkan sebelumnya, sebuah nyanyian bersama “Happy Birthday to you”, kue chocolate lembut yang lezat, para senior (ada Prof Budi, Pak Hartono, Pak Supranyoto, Prof Harry, Pak Ridwan Gunawan, Pak Wahidin, Prof Pupu, Prof Benyamin, Pak Amien) dan semua teman (Pak Asvial, Pak Muli, Pak Dodi, Pak Salman, Pak Pur, Bu Yuli, Mia, Ajib,Tommy, Yan dan semua), lengkap dengan keluarga tercinta. Terimakasih pada para sahabat, pada generasi mendatang yang jadi harapan kami untuk membuat dunia yang lebih baik. It worth denying an offer for a trip to Auckland New Zealand for an IEEE Women in Engineering Conference, and trade it with so much happiness celebrating birthday with loving family and friends. Alhamdulillah ya Allah.

Pelukan dan ucapan selamat di pagi hari, greetings dari jejaring facebook, BBM, WhatApps dari seluruh teman dibelahan dunia, semua begitu berbeda beberapa tahun belakangan ini. Dengan sedikit teknologi, secara otomatis di pagi hari ada sms HUT yang terkirim dari account seorang dosen UGM yang sangat kerap berjejaring dengan teknologi informasi. Doa tulus dan testimoni mantan mahasiswa yang telah lulus di facebook, atau prakarya jahitan tiga gadis kecilku Almira, Naufalia dan Laura, yang penuh pesan dan doa untuk bunda adalah hadiah yang paling berharga rasanya kini. Hanya satu harapan yang tergores dalam hati, semoga teknologi informasi dan transportasi yang telah mentransformasi hidup sekarang, kedepan akan menjadi pencetus bahagia untuk semua, bukan menjadi beban yang tak dapat dihela.

“Terimakasihku pada Mu Tuhanku
Tak mungkin dapat terlukis oleh kata-kata, hanya diri Mu yang tahu besar rasa citaku pada Mu.
Karunia Mu tak pernah berhenti selalu datang kepada Ku, Tuhan semesta alam dan satu janjiku, tak kan berpaling dari Mu” (Rossa).

July 19 2011 05:26 pm | Catatan Pribadi

One Response to “Kenangan Terindah Elektro UI di Pantai Jimbaran, 7 Juli 2011”

  1. Charlotte Cushman Says:

    Mencoba menjadi lebih baik adalah demi menjadi lebih baik
    (Charlotte Cushman)

Leave a Reply