Mobile Data Collection (MDC)

Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner kertas berpotensi menimbulkan kesalahan baik selama pengumpulan data, penginputan data pemrosesan data sampai pada analisis data. Banyak institusi baik ditingkat global maupun nasional menghadapi sejumlah tantangan dalam melakukan pendataan, seperti masalah respon rate,  kebutuhan diseminasi hasil yang tepat waktu, sampai efisiensi biaya pelaksanaan pendataaan.

Tantangan ini  mendesak para pelaksana pengumpul data untuk mencari cara alternatif yang memungkinkan bisa diaplikasikan dalam pengumpulan data. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang untuk melakukan modernisasi dalam metode pengumpulan data.

Kemajuan dalam teknologi informasi membuka jalan baru yang berkaitan dengan metode pengumpulan data. Salah satunya adalah berkembangnya pengumpulan data dengan menggunakan perangkat elektronik yang dikenal dengan istilah Mobile Data Collection (MDC) atau pengumpulan data berbasis mobile. Istilah Mobile yang dimaksud adalah perangkat genggam yang prakstis seperti komputer tablet atau smartphone. Konsep MDC ini telah menggeser tren pengumpulan data tradisional (berbasis kertas) menjadi pengumpulan data berbasis elektonik. Data masa ke masa, metode pengumpulan data telah mengalami perubahan dan perbaikan. Evolusi metode pendataan bukan hal baru, dan akan selalu berkembang sebagaimana teknologi informasi berkembang secara pesat, seperti yang diilustrasikan dalam diagram di bawah ini.

Perkembangan Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dengan seluler atau Mobile Data Collection (MDC) mengacu pada pemanfaatan perangkat teknologi informasi yang ada seperti ponsel, ponsel cerdas, dan tablet (perangkat keras), dan sejumlah program (perangkat lunak) untuk pengumpulan data. Metode ini juga sering dikenal dengan Computer-assisted Personal Interviewing (CAPI).

Kemajuan teknologi informasi telah membuka jalan baru bagaimana sebuah penelitian dilakukan dan data yang dikumpulkan, dengan implikasi besar untuk pemantauan dan kerangka kerja evaluasi (M & E). Salah satu kemajuan ini yaitu Pengumpulan Data Seluler (MDC), dengan penggunaan teknologi seluler menggantikan pengumpulan data berbasis kertas yang tradisional menjadi berbasis teknologi dan modern.

Saat ini, kertas adalah media yang paling umum digunakan untuk melaksanakan pengumpulan data. Sementara kertas tidak mahal dan tersedia secara universal, namun dibalik itu, terdapat cost yang lebih besar, sebagai dampak dari pengumpulan data berbasis kertas, yaitu butuh effort dan biaya untuk memasukkan data ke elektronik,

Pengumpulan data seluler (MDC) mengacu pada pemanfaatan produk teknologi informasi yang ada seperti ponsel, ponsel cerdas, dan tablet (perangkat keras), dan jumlah sejumlah program computer lainnya yang digunakan untuk pengumpulan data. Metode ini juga kadang disebut sebagai Computer assisted Personal Interviewing (CAPI).