Bolehkah Anak Flu Singapura Dimandikan?

Flu singapura yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan hand, foot, and mouth disease ini tak hanya menyerang orang dewasa. Anak kecil dibawah usia 10 tahun justru lebih sering terjangkit flu singapura ini. Daya imun yang masih lemah membuat virus lebih mudah menyerang mereka.

image: bolehkah.com

Tanda-tanda terkena penyakit flu singapura ini adalah timbulnya bintik merah yang berisi air nanah di sekitar tangan, kaki, dan juga mulut. Namun bagian lainnya seperti bagian perut, dada, lutut, paha, pun seringkali terkena juga. Karena anak suka menggaruk-garuk bagian yang gatal tersebut, seringkali timbul luka yang berakibat pada infeksi lebih parah.

Sebelum tanda-tanda tersebut muncul, biasanya anak-anak mengalami beberapa gejala seminggu sebelumnya. Diantaranya adalah:

  • Tubuh panas dan demam
  • Nafsu makan berkurang
  • Batuk dan sakit tenggorokan
  • Mual dan muntah
  • Emosi tidak stabil seperti mudah marah
  • Ruam merah dan melepuh didalam mulut

Virus enterovirus 71, dan coxsackie A merupakan penyebab utama dari penyakit ini. Penyebarannya terjadi dari makanan atau udara, masuk ke mulut dan menyebar ke jaringan mulut dan tenggorokan, lalu mengikuti sistem pencernaan dan akhirnya bersama aliran darah ia dibawa keseluruh bagian tubuh. Sehingga seluruh tubuh bisa berpotensi terkena ruam dan bintik bernanah.

Orang tua seringali kebingunan dalam mengatasi hal ini. Pertanyaan seperti bolehkan anak flu singapura dimandikan pasti seringkali diungkapkan olehnya. Lalu sebenarnya apakah jawaban dari pertanyaan itu?

Bolehkan Anak Flu Singapura Dimandikan?

Bintil-bintil merah yang berisi cairan nanah memang sangat gatal dan menimbulkan sakit. Mandi dengan air hangan justru dapat sedikit meringankan rasa gatal tersebut.

Jadi mandi dengan air hangat merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, yaitu:

  1. Frekuensi mandi usahakan tidak melebihi 2 kali kali sehari
  2. Dalam mengusap air dengan handuk usahakan harus sangat hati-hati agar tidak pecah
  3. Bisa juga ditambahkan larutan antiseptik di air yang digunakan untuk mandi
  4. Komplikasi penyakit ini bisa menimbulkan dehidrasi, ensefalitis dan meningitis.

Jadi bolehkah anak flu singapura dimandikan atau tidak jawabannya adalah boleh namun dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diatas. Selain itu, jaga kebersihan pakaian, makanan dan juga hindari kontak penderita dengan anak lain.

About lili27