Nikmati keindahan destinasi Wisata Pango-pango Makale

Anda menginginkan wisata yang asri, sejuk dan menenangkan? Mungkin ini dia wisata Pango-pango Makale bisa jadi pilihan. Wisata ini terletak di atas bukit dengan ketinggian 1600 Mdpl. Karena posisinya yang tinggi, tempat wisata ini sering disebut negeri di atas awan oleh masyarakat sekitar. Pango-pango menawarkan agro wisata dan wisata alam. Agro wisatanya berupa perkebunan kopi, buah, sayur dan taman bunga. Di sana juga terdapat hutan yang hijau rimbun oleh adanya pohon pinus. Kawasan wisata juga menyediakan 11 unit gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat para wisatawan yang datang ke sana. Objek wisata ini terdapat di kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Keindahan Alam yang Bisa Dinikmati di Wisata Pango-Pango Makale

toraja tour di indonesia Wisata pango-pango Makale menyajikan pemandangan alam yang indah. Karena tempatnya yang berada di pegunungan dan banyaknya pepohonan membuat tempat wisata ini sejuk dan asri. Seolah pengunjung tak merasakan teriknya matahari saat siang hari. Selain itu, dari puncak pango-pango Anda dapat menikmati pemandangan kota Makale yang mempesona. Kemudian, matahari terbenam dan terbit juga dapat terlihat dari tempat ini. Sunrise dapat terlihat mulai pukul 5.30 sampai dengan 9.00 WITA. Saat sunrise muncul akan terlihat 3 warna yang di awan. Sedangkan pada sore hari biasanya akan terlihat pemandangan langit seperti diselimuti oleh awan karena saat itu kabut naik dan menutupi taman. Suasana menjadi dingin saat berkabut tersebut. Itulah dua momen terindah yang ada di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan foto keindahan tersebut dengan kamera.

 

Wisata pango-pango Makale juga menyediakan warung kopi dan makanan ringan bagi para traveller. Kopi yang ditawarkan adalah kopi asli Toraja yang biji kopinya dipetik dari perkebunan kopi dalam lokasi wisata. Minuman kopi cocok dinikmati saat suasana dingin di pagi hari maupun sore hari. Bukan hanya itu saja, wisatawan juga bisa berbelanja buah, sayur dan bunga segar dari perkebunan yang berada di objek wisata. Anda diperbolehkan memetik dan memilih buah-buahan sendiri. Namun, maksimal yang dapat dibeli hanya 5 kg. Harganya yang ditawarkan lebih murah dari harga pasar, akan tetapi soal kualitas buah atau sayur jelas bagus dan masih segar.

 

Bosan berbelanja, Anda dapat beralih ke wahana permainan yaitu flying fox. Untuk bermain wahana tersebut cukup membayar Rp 15.000,-. Setelah merasa lelah menikmati seluruh wisata Pango-pango Makale, Anda dapat beristirahat di gazebo atau pun taman yang ada di sana. Sejenak duduk-duduk manis sambil menikmati pemandangan alam yang ada di sana. Masih ingin berlama-lama di tempat tersebut, Anda dapat berkemah dengan membuat tenda. Namun, apabila lupa tidak membawa perlengkapan kemah Anda dapat menyewa villa untuk menginap. Keindahan dan kesegaran pango-pango dapat dinikmati ketika menginap di sana. Letaknya yang dekat hutan terkadang suara burung hantu, anjing hutan dan hewan lainnya bisa terdengar saat malam hari.

 

Untuk bisa menikmati wisata pango-pango memang harus menempuh jarak yang jauh dari kota Makale dan akses jalan yang kasar dan bergelombang. Namun, kesulitan tersebut dapat dibayar dengan panorama alam yang indah saat berada di objek wisata. Pemerintah Tana Toraja terus mengembangkan destinasi wisata pango-pango Makale, sehingga bisa menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat tersebut. Demikianlah tadi, ulasan wisata pango-pango yang dapat dinikmati keindahan alamnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi petunjuk dan referensi bagi Anda yang hendak berlibur ke wilayah Sulawesi.

About lili27