6 Cara Musik Dapat Meningkatkan Kreativitas Anda

Menurut Rykodisc.com, Kreativitas bisa menjadi keterampilan yang sulit untuk dikuasai. Selain mampu memunculkan ide-ide baru, ada begitu banyak elemen berbeda yang perlu diselaraskan agar kreativitas Anda benar-benar bersinar.

Kreativitas adalah respons emosional sekaligus rasional, dan untuk memanfaatkan sisi diri Anda itu, Anda perlu memiliki akses ke rangsangan yang tepat. Dan dengan EQ Music memiliki kemampuan untuk memicu semua jenis emosi, musik bisa menjadi alat yang ampuh bila digunakan dengan benar.

Berikut adalah enam cara mendengarkan musik dapat meningkatkan kreativitas Anda…

Mainkan Musik yang Mencerminkan Kepribadian Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin meningkatkan kreativitas adalah mengenal diri sendiri lebih baik. Cara Anda memproses informasi dan cara Anda mengekspresikan diri akan berbeda untuk setiap orang, jadi penting untuk mengetahui jenis hal yang secara alami membuat Anda tertarik. Salah satu cara mudah untuk melakukan ini adalah memilih jenis musik yang Anda sukai.

Apakah Anda tumbuh dengan mendengarkan musik hip hop, elektronik, atau rock klasik? Apakah hidup Anda berputar di sekitar budaya pop atau Anda lebih suka genre yang lebih abstrak seperti jazz atau klasik? Meskipun penting untuk memiliki gambaran umum tentang selera musik Anda, lebih penting lagi untuk mengetahui hal-hal spesifik dalam musik itu.

Bersikaplah fleksibel saat Anda mencoba mencari tahu seperti apa kepribadian musik Anda, tetapi pastikan juga untuk memilih aspek tertentu dari preferensi ini.

Temukan Irama Pikiran

Saat Anda mencoba meningkatkan kreativitas, salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengadopsi ritme pemikiran. Jika Anda terus-menerus berpindah dari satu ide ke ide berikutnya, akan sulit untuk tetap fokus pada satu proyek atau ide. Ini bisa menjadi masalah terutama jika Anda mencoba menghasilkan ide-ide terobosan. Akan sulit untuk mendapatkan ide yang belum pernah Anda sadari sebelumnya saat Anda berpindah dari satu topik ke topik lainnya. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menemukan ritme pemikiran.

Pertama, cobalah untuk memilih satu ide atau proyek yang ingin Anda fokuskan. Ini bisa sesederhana memilih satu proyek yang sedang Anda kerjakan di tempat kerja atau di salah satu proyek pribadi Anda. Pilih satu ide yang ingin Anda jadikan fokus dan coba pertahankan ide itu sepanjang hari.

Misalnya, jika Anda mencoba mendapatkan ide untuk ide bisnis, cobalah untuk tetap berpegang pada ide tersebut sepanjang hari dan coba buat koneksi di kepala Anda terkait dengan ide tersebut. Anda juga dapat mencoba melakukan sebaliknya, dengan memasukkan proyek atau ide Anda ke dalam percakapan sehari-hari sehingga terus-menerus didiskusikan oleh orang lain.

Mainkan Musik yang Membuat Anda Santai

Cara mudah lain untuk meningkatkan kreativitas Anda adalah bersantai. Bersantai diri sendiri sama pentingnya untuk kreativitas seperti halnya untuk semua hal lain dalam hidup Anda. Saat Anda rileks, Anda cenderung berada dalam keadaan mengalir. Dalam keadaan mengalir ini, Anda jauh lebih mungkin berada di ruang kreatif.

Jadi, saat Anda ingin bersantai, pilih musik yang membuat Anda rileks. Misalnya, jika Anda akan tidur, pilih musik yang menenangkan yang biasa Anda dengarkan saat tidur. Ini akan membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat serta mencegah Anda memiliki pikiran yang tidak diinginkan selama tidur.

Latihan Untuk Meningkatkan Pasokan Darah Ke Otak Anda

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kreativitas Anda adalah berolahraga. Saat Anda berada di zona tersebut, Anda jauh lebih mungkin untuk menjadi kreatif dan pemikiran kreatif dapat terhambat saat Anda tidak beristirahat dengan baik. Meskipun demikian, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas, Anda tidak perlu bersusah payah untuk berolahraga.

Faktanya, berolahraga secara teratur bisa lebih berbahaya daripada baik untuk kreativitas. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan cara khusus untuk berolahraga yang tidak menghambat kreativitas Anda. Jadi misalnya, jika Anda seorang penulis, Anda tidak harus bekerja hanya untuk tujuan menulis.

Alih-alih, temukan sesuatu yang membantu Anda masuk ke zona kreatif, seperti memainkan musik.

Istirahat Dan Jalan-Jalan

Cara mudah lain untuk meningkatkan kreativitas Anda adalah dengan istirahat. Jika Anda menemukan bahwa Anda terus-menerus mencoba menjadi kreatif tetapi tidak membuat kemajuan apa pun, ada baiknya Anda beristirahat sejenak.

Terkadang, hanya istirahat yang Anda butuhkan untuk mengembalikan diri Anda ke zona kreatif. Jadi, alih-alih mencoba memaksakan kreativitas, istirahatlah dan kembali lagi saat Anda merasa siap melakukannya. Selain itu, berjalan kaki tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga membantu meningkatkan kreativitas Anda.

Saat berjalan-jalan, otak Anda terus berpindah dari satu ide ke ide lainnya, memungkinkan Anda memanfaatkan sisi kreatif Anda.

Kesimpulan

Meskipun penting untuk tetap terbuka terhadap rangsangan baru dan menarik, penting juga untuk diingat bahwa Anda harus menjadi diri sendiri. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memahami apa yang secara alami membuat Anda tertarik dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Setelah Anda mengenal diri Anda sedikit lebih baik, Anda dapat mulai menggunakan musik untuk benar-benar meningkatkan kreativitas Anda. Ingat, kreativitas adalah keterampilan yang membutuhkan latihan dan sulit dikuasai, tetapi dengan sedikit usaha dan ketekunan Anda bisa berhasil.

Referensi:

https://www.yuckband.com