Bakso dalam setangkup roti

Nama resepnya seru amat. Padahal mah ROTI BAKSO. ..^_^….Ini sebenarnya resep orang males kata ibuku. Tapi pas nyoba buat, enggak juga sih, karena agak-agak butuh persiapan dibanding menyiapkan roti yang hanya dioles-oles. Oles dengan selai strawberry, selai nanas, mentega + muisjes.

Bahan yang harus ada:

– Roti tawar

– Tepung terigu

– Bakso

 -Garam

– Minyak goreng

Cara membuatnya:

Setangkupkan 2 helai roti tawar, potong menjadi 4 sama besar, sisihkan (3 tangkup roti menghasilkan 12 potong roti bakso)

Potong setangkup roti jadi 4

Campur ± 15 sendok makan tepung terigu dengan air, buat adonan agak encer, aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung. Bubuhi garam secukupnya, sisihkan

Iris tipis 3 butir bakso, sisihkan

Irisan Bakso

Olesi satu sisi bagian roti (sisi yang akan menjadi bagian dalam roti), sisipkan irisan bakso ke dalam 2 helai roti.

Setangkupkan kedua helai roti, kemudian celupkan roti bakso ke adonan terigu, sehingga seluruh permukaannya tertutupi adonan terigu

Goreng hingga berwarna kuning keemasan

Mudah kan ? Sebenarnya kurang cocok sebagai hidangan sarapan karena pencernaan kita akan lebih mudah menyerap makanan yang tidak digoreng. Tapi berhubung harus putar otak untuk membuat hidangan sarapan yang berbeda paling tidak setiap 2 hari, maka resep ini kujadikan alternatif sarapan pagi.Kalau untuk cemilan siang atau sore hari (bisa juga untuk buka puasa…tapi lagi-lagi kurang cocok karena hidangan buka lebih baik yang manis dan tidak berlemak), bisa dimakan dengan saus sambal.

Oya, bakso juga bisa diganti dengan sosis…tapi namanya jadi roti sosis (^^,)Atau bisa juga diisi daging sapi cincang. Daging cincang ditumis dengan mentega, parutan bawang putih (diulek juga bisa), bubuhi garam dan lada bubuk secukupnya, beri air sedikit. masak hingga daging cincang matang. Aku selalu sedia daging cincang matang sebagai isi martabak telur. Biasanya kumasukkan dalam boks plastik dan disimpan di freezer.

  4 comments for “Bakso dalam setangkup roti

  1. January 31, 2012 at 7:10 am

    inovasi baru nie,,

    thnks resepnya 🙂

  2. September 5, 2017 at 7:19 am

    hahaha keren nih, kalo saya biasanya makan nasi + garam saja tiap hari.

  3. June 19, 2018 at 5:31 am

    sepertinya perlu dibuat standar operasional prosedur untuk membuat bakso Bu.
    mantap sharing-nya.
    Thank

  4. June 9, 2020 at 9:17 am

    enak kayaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *