My funny Dad

Kumpul-kumpul setiap sabtu sore dan menghabiskan malam minggu di rumah gadang Bapakku adalah suatu momen menyenangkan yang selalu kami tunggu. Meskipun 3 dari 4 anak Bapak bermukim di tempat yang berjauhan dari Jakarta Pusat, tapi dengan penuh perjuangan (biasa deh biang keroknya, apalagi kalau bukan MACET) kami berusaha untuk berangkat ke rumah Bapak.

Adik terkecil kami tinggal di rumah Bapak. Sekarang sedang seneng-senengnya punya ‘mainan’ baru, putri kedua mereka yang cantik Radinka Alana yang baru berusia 3 bulan. Sedangkan adikku yang nomor 3 juga sedang punya bayi ganteng Muhammad Lutfan Razzan berusia 6 bulan.

Suatu sabtu aku sampai di depan rumah Bapak selepas magrib. Di depan rumah sudah ada mobil adikku Iwan. Mesin mobil menyala, hmm pasti ada keponakanku yang masih tertidur, ternyata Adit si tengah tertidur di pangkuan si mbak dan si kecil Lutfan anteng dipangku sang Bunda. Dari jendela mobil yang terbuka lebar kuraih Lutfan dari tangan Bundanya yang belum sholat magrib. Sampai di dalam rumah si Kakek sedang nonton TV sambil bercengkerama dengan dua cucunya yang lain.

Dek Lutfan yang kugendong langsung menjadi perhatian dan semua ingin gantian menggendong. Waktu kudekatkan ke Bapakku beliau langsung becanda dengan si kecil sambil menggumamkan senandung versi Bapak sejak aku kecil kata Ibu nggak ganti-ganti…tang ting tung ting tang ting tung…

Entah gimana awalnya kami jadi tertawa bareng karena sedari pertama melihatku masuk rumah menggendong Lutfan, Bapak mengira itu adalah Dek Dinka hehehe. Padahal si putri mungil itu masih tertidur di dalam kamar.

“Pantes kok Dinka jadi agak menyusut”

“Ya ampun Pa, kan ngga ada antingnya juga..”

Aku nggak heran sih walaupun masih aja ngerasa lucu. Ibu pernah cerita dulu waktu membawa adikku saat masih berumur 6 bulan ke dokter, Bapak ditanya “Nama anaknya siapa Pak?” Tentunya untuk menulis resep. Dokter sempat menunggu jawaban Bapak agak lama sampai akhirnya Ibu yang menjawab.

“Wah memang anaknya udah berapa sih Pak ?” Tanya dokter berkelakar dan meledek Bapak.

Sambil garuk-garuk kepala kata Ibu bapak jawab “Baru dua Dok”

Hahay, kalau dulu udah ada istilah “gubrak” pasti Dokternya ngomong gitu dah….

Jadiiii…kalau bapakku sampai tertukar mengenali dua cucunya (yang memang harus kuakui banyak miripnya….ya iyalah satu pabrik lain cetakan gitu loh) gak aneh lagi.

Aku ngga bisa ngebayangin kalau beliau punya cucu kembar…waa pasti enak tuh ngerjain si Kakek.

Kelucuan Bapakku yang lain adalah ketidaksengajaannya mengganti nama….nama orang terutama. Yang paling kuingat adalah waktu dengan yakinnya Bapak menjawab ” Di jalan Saruna Said” waktu kutanya bapak mau menghadiri kondangan dimana. Setelah mikir kutanya lagi di gedung apa sih Pak ?

Lalu Ibu njawab Gedung Wanita itu lho…”

“Oalah Pak…. Rasuna Said toh ?”

“Iya itu maksudnya”

Tapi besok-besoknya tetep aja kalau menyebut Rasuna Said ya Saruna Said.

Jadi kalau Bapak mulai menyebut nama yang rada asing buat kami, aku langsung ngomong “Pasti ngganti nama lagi deh….” Lalu bapak mulai senyum-senyum dan kami pun menyebut beberapa alternatif nama persis seperti main kuis tebak kata. Biasanya mah bunyinya beda jauuh antara nama asli dan nama hasil karangan Bapak.

Sampai sekarang kami sering mempelesetkan merek kosmetik terkenal menjadi REOLON gara-gara dulu Bapak pusing tujuh keliling nyari bedak pesanan ibu di Jepang karena salah baca tulisan Ibu. Oo itu “v” …Bapak kira “o” karena tulisan Ibu tulisan sambung.

Bapakku itu bukan pelupa ….hanya terlalu kreatif ^^

We miss u Dad…

My Dad with one of his nine grand children

  2 comments for “My funny Dad

  1. September 27, 2017 at 9:25 am

    Masa jabatan Barack Obama berakhir pada 20 Januari 2017, segera setelah peresmian penggantinya, Donald Trump, dan dia meninggalkan jabatan dengan rating persetujuan 60%.

  2. September 27, 2017 at 9:27 am

    Berikut ini ada 17 kata-kata bijak Barack Obama yang dapat memberikan Anda sebuah inspirasi baru untuk kehidupan Anda yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *