August 13, 2008

CAHAYA

Filed under: — rani @ 3:36 pm

Rabu (13/08/08)

Hari ini meliput kegiatan Rektor yang menerima tamu Arief Yahya, Direktur Enterprise & Wholesale beserta jajarannya, di ruang kerja Rektor. Sementara dari UI ada Wakil Rektor III Sunardji, Sekretaris Universitas Ketut Surajaya dan Direktur PPSI Riri Fitri Sari. Pada kesempatan itu Arief yahya menyerahkan tropi dan hadiah uang kepada Rektor UI, dimana UI menjadi juara 1 (Best Content and Aplication) serta juara II (Best Acces and Connectivity) pada acara Indonesia ICT Award 2008 (INAICTA 2008), yang telah berlangsung 7-8 Aguatus lalu di  Jakarta.

Pada kesempatan itu dijelaskan tentang  lomba ICT tersebut yang sebelumnya UI dinominasikan menjadi juara umum (Best of the Best) tetapi kenyataannya justru yang meraiah juara umum adalah Universitas Bina Nusantara (Binus). Ternyata UI untuk kategori best acces and connectivity dikalahkan oleh Binus. Karena bandwidthnya telah mencapai 1 GB untuk jumlah mahasiswa 17 ribu. Sementara bandwidth yang ada di UI masih 185 MB untuk jumlah mahasiswa 50 ribu.

ada anekdot,  waktu pemberian hadiah pada malam penganugerahan yang berlangsung tanggal 8 agustus lalu, dalam layar LCD diperlihatkan beberapa kali juara umum (best of the best) adalah UI. Tetapi waktu panitia mengumumkan secara lisan, ternyata yang juara adalah Binus. Terlihat sekali bahwa ini ‘trik dagang’ dari Telkom. Waktu Rektor UI mendengar Binus sudah 1 GB, langsung meminta telkom untuk menaikkan bandwidth UI menjadi 1 GB.

Hari ini iklan di koran Kompas, Telkom mengumumkan juara INAICTA 2008, dimana disitu dicantumkan juara I dan juara II, sambil terus bertanya, “apakah perguruan tinggi anda sudah mempunyai akses ke internet?”

Januari 2010

Peluncuran Buku  Widjojo Nitisastro

Berlangsung tanggal 14 Januari di hotel Dharmawangsa Kebayoran.  Ada dua buku yang semuanya diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama. Buku pertama tentang pengalaman Prof. Widjojo Nitisastro dalam membangun perekonomian Indonesia. Dan yang kedua pendapat teman-teman Widjojo Nitisastro dari 27 negara. Kekgiatan ini dihadiri dan turut memberikan sambutan Wakil Presiden Boediono.  Boediono bahkan membela Widjojo dan kawan-kawan yang dicap “Mafia Berkeley” suatu istilah yang berkonotasi negatif. Isitilah tersebut mula-mula dicetuskan oleh salah seorang penulis muda dari Amerika Serikat, yang berhaluan “kekiri-kirian”. Menurut Boediono, penulis tersebut tidak melihat realita yang terjadi di Indonesia. Widjojo yang digambarkan sebagai seorang penganut kapitalisme dan liberalisme, dalam kehidupan sehari-harinya sangat sangat sederhana sekali.

Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik

Hari Rabu 13  Januari berlangsung pengukuhan dua orang Guru Besar Fakultas Teknik UI yaitu Prof. Nandy S Putra  dosen Departemen Teknik Mesin dan Prof. Bismo dosen Teknik Kimia. Keduanya memaparkan hasil- hasil penelitiannnya yang dapat dibuat atau yang bermanfaat sangat besar bagi kebutuhan hajat hidup orang banyak. Suatu penelitian lintas disiplin ilmu.

Seminar Nasional K2N UI

Kegiatan yang berlangsung tanggal 12 Januari 2010 sebagai pembicara utama yaitu Menteri Pertahanan Yusgiantoro dan panglima TNI Jeneral Joko Santoso. Keduanya sangat mendukung kegiatan UI untuk menempatkan para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (K2N) di 12 titik pulau terdepan UI yang merupakan daerah perbatasan dengan negara lain.

Hadir pula Bupati Merauke Provinsi Papua yang menyatakan kesediaannya menerima para mahasiswa peserta K2n UI.

Februari 2010

2 Februari

Syukuran HUT FISIP. Dokementasi video selama 60 menit. Ini mengulang HUT FISIP ke-25 yang telah didokumentasikan juga, waktu itu Dekan dijabat Prof. Juwono Sudarsono.

3 Februari

Kerjasama UI dengan APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) pimpinan Sofjan Wanandi, yang tahun 1960 an salah satu aktivits mahasiswa UI. Sempat diminta komentarnya tentang dunia kemahasiswaan jaman dahulu. Kerjasama ini sendiri sebetulnya meminta bantuan UI untuk  melakukan tes pengujian terhadap produk-produk Cina yang datang ke Indonesia.

6 Februari

Seminar matematika di FMIPA Kampus Depok, yagn dibuka oleh Menteri RISTEK RI Suharna Surapranata, Alumni Departemen FISIKA UI. Sempat juga diwawancarai untuk ditayangkan di youtube web UI.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment