September 3, 2014

September Ceria

Filed under: Kampusiana — rani @ 10:25 am

selamat bertemu kembali setelah sekian lama “bersamadi” di puncak kesibukan pekerjaan sehari-hari. Kini saatnya untuk “turun gunung” kembali meramaikan jagat penulisan di blog staf UI.

Kenapa judul tulisan ini “september Ceria”? Karena kali ini ingin mengenang kembali momentum peresmian kampus (baru) UI di Depok yang diresmikan Presiden Soeharto tanggal 5 September 1987. Ceria karena tanggal tersebut menjadi tonggak lahirnya “UI yang baru” dimana pusat kegiatan administrasi dan akademik berpindah dari yang tadinya di Kampus Salemba dan Rawamangun ke Kampus Depok. Walaupun baru 7 fakultas yang pindah ke Depok (FIB, FISIP, FH, FPsi, FT, FMIPA, FKM). Hanya tinggal tiga fakultas yang belum pindah yaitu FK, FKG dan FE.

Kampus UI Depok telah mengubah denyut kehidupan kota Depok yang tadinya hanya berupa kecamatan, kemudian meningkat menjadi kota administrartif (Kotif) dan akhirnya menjadi Kotamadya Depok. suatu proses perubahan birokrasi administratif yang mengikuti irama dinamika kehidupan masyarakat. Ditandai antara lain dengan penduduk yang semakin banyak, sarana dan prasarana yang semakin baik. Jalan raya Pasar Minggu Depok menjadi dua jalur. Frekuensi kereta rel listrik (KRL) yang semakin kerap dari Jakarta ke Bogor dan sebaliknya. Tetapi tidak bisa dihindari pula ekses negatif yang diakibatkannya, misalnya tingkat kejahatan yang semakin meningkat, Bahkan di kampus pun kerap terjadi pencurian komputer di beberapa fakultas ,pencurian mobil di dalam kampus.Bahkan pernah berembus isu beberapa mahasiswi UI diperkosa di dalam kampus saat pulang kuliah di malam hari. Bagaimana bisa mengamankan kampus seluas 320 hektar dengan hanya seratusan satpam (waktu itu).

Sapardi Djoko Damono, dosen FIB, penyair kondang tingkat dunia sempat menuliskannya dalam puisi yang sempat dimuat di Surat Kabar Kampus Warta UI. Sayangnya puisi itu belum bisa diketemukan hingga saat ini. Penulis juga sempat merekam suasana kampus Depok sejak pemancangan tiang pertama gedung rektorat dilaksanakan (Oktober 1984) hingga peresmian kampus Depok 5 September 1987. Dokumen tersebut telah dirangkum dalam satu DVD berjudul “UI dalam Lensa Kamera” yang telah dirangkum dan diproduksi tahun 2013. (030914)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment