February 25, 2014

Hotbonar Sinaga Menjawab

Filed under: Kampusiana — rani @ 3:16 pm

Dunia akademik pada bulan Februari tahun ini dihebohkan dengan kasus tulisan seorang pejabat tinggi Kementerian Agama yang juga staf pengajar salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Pulau Jawa. Tulisan yanga tidak mencantumkan kutipan atau sumber tulisannya itu, ternyata hampir sebagian besar isinya, tulisan Hotbonar Sinaga beberapa tahun lalu yang dimuat di salah satu media cetak.

Hari Selasa siang (25/02) penulis baru selesai melakukan wawancara dengan Gita Wiryawan yang memberikan ceramah pada acara “3rd Studentpreneurs” dihadapan para mahasiswa. Dari kejauhan tampak seorang staf pengajar menuju ruang perkuliahan. Kebetulan penulis juga akan menuju ke salah satu ruangan kuliah, ada janji dengan seorang staf pengajar. Setelah agak cukup dekat, penulis menyapanya dan memperkenalkan diri. “kita dulu pernah ketemu waktu acara turnamen Golf di Pantai Indah Kapuk memperebutkan piala Presiden.” Waktu itu Hotbonar Sinaga menjabat sebagai Direktur Utama Jamsostek. Obrolan pun akhirnya mencair dan dengan senang hati Hotbonar Sinaga memberikan keterangan seputar tulisannya yang dijiplak itu.Dalam obrolan tersebut Hotbonar berterus terang, sudah beberapa media cetak dan elektronik “mengejar-ngejar”nya untuk melakukan wawancara, tapi ditolaknya.

Penulis memang bermaksud mewawancarai Gita Wiryawan, setelah kemarin berhasil mencegat dan meminta komentar Dino Patti Djalal, mantan Dubes RI di Amerika Serikat, yang juga memberikan ceramah dalam acara yang sama. Tidak terbersit sedikitpun akan bertemu dan mewawancarai Hotbonar Sinaga. Tahu dan kenal dengan mantan direktur Jamsostek tersebut pun karena beberapa tahun lalu sempat meliput acara turnamen Golf ILUNI UI. Itu pun karena penulis ditelpon khusus oleh Direktur Hubungan Alumni UI Ari Setiabudi Soesilo, karena Direktur Jamsostek akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa UI.

Memang, dalam tulisan ini tidak ada keterangan atau kutipan pernyataan Hotbonar Sinaga. Semata-mata untuk menggugah pembaca melihat di uichannel2014, dimana disitu ditayangkan pernyataan Hotbonar Sinaga. (250214)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment