April 16, 2013

Puncak Kemelut

Filed under: Warna Warni — rani @ 8:45 am

Pada tulisan CAKAV (Catatan Kaki Audio Visual) Podcast kali ini, ingin memberikan informasi tentang puncak kemelut yang terjadi di UI. Peristiwanya terjadi pada tanggal 14 Agustus 2012, ketika berlangsung serah terima jabatan Rektor UI yang berlangsung di Kantor Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud Senayan Jakarta. Waktu itu secara resmi jabatan Rektor UI diserahterimakan dari Prof.Dr.der.Sos. Gumilar kepada Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI. Kemudian MWA UI mengangkat Prof.Dr. Ir.Joko Santoso, MSc (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud) sebagai Pejabat sementara (Pjs) Rektor UI hingga bulan Oktober, yang diperkirakan sudah akan terpilih Rektor UI yang baru.

Ketua MWA UI Prof.Dr.Said Agil Siradj, dalam pidato sambutannya menyatakan perasaannya mewakili anggota masyarakat dalam MWA UI terhadap kemelut yang terjadi di UI. Dia menyatakan ‘syahwat’/gairahnya untuk berpartisipasi membangun UI langsung turun begitu masuk dalam ‘perdebatan’ para anggota MWA UI yang tiada habis-habisnya. Dalam podcast juga ditayangkan pidato mantan Rektor UI dan Pjs. Rektor UI.

Acara ‘pisah sambut’ ini dihadiri para pimpinan UI dan para anggota Senat Universitas dan anggota MWA UI unsur masyarakat ini, cukup meriah walaupun tidak bisa dipungkiri ada rasa ketegangan diantara para undangan yang hadir. Usai acara, di luar ruangan ada beberapa mahasiswa UI yang berjaket kuning membawa beberapa poster. Kemudian mereka bertemu dan mengadakan dialog dengan Pjs. Rektor UI di ruangan tertutup. Para mahasiswa itu menyerahkan pernyataan sikap sehubungan dengan kegiatan proses pemilihan rektor UI yang tengah berlangsung. http://Podcast.ui.ac.id (160413)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment