April 2, 2013

UI Mewisuda Mahasiswa?

Filed under: Uncategorized — rani @ 5:29 pm

Judul di atas mengambil sepenggal dari kepala berita utama yang termuat di UI Update edisi 1/Thn V/2013. Mungkin ini baru pertama kalinya di seluruh perguruan tinggi di Indonesia ada mahasiswa yang diwisuda. (Judul asli berita ‘UI mewisuda empatribu mahasiswa’).Oh…ternyata itu salah, kata orang yang mengerti hukum, mahasiswa yang telah lulus ujian dan memenuhi syarat yang telah ditentukan berhak untuk diwisuda atau dinyatakan sebagai lulusan. Jadi tidak mungkin seorang mahasiswa dapat diwisuda sebelum melalui suatu proses yang telah disebutkan tadi. Berarti judul berita itu keliru dan menyesatkan.

Bicara soal keliru atau kekeliruan, banyak hal yang terjadi di UI keliru atau dikelirukan dan dibiarkan keliru terus menerus, kemudian dianggapnya sebagai sesuatu hal yang biasa dan menjadi suatu kebenaran, sehingga tidak perlu dipermasalahkan. Padahal suatu kata atau beberapa kata menjadi suatu kalimat yang mempunyai suatu makna bisa ditafsirkan beragam tanpa adanya satu pedoman/arahan. Kekeliruan bisa terjadi karena yang melontarkan kata kata tersebut tidak memahami dengan benar atau sama sekali tidak tahu tentang pengertian suatu kata.

Suatu ketika UI meraih prestasi yang membanggakan di bidang akademik di tingkat nasional dan internasional. Ini suatu pencapaian luar biasa yang belum pernah dicapai UI sebelumnya. Karena itu perlu diwartakan kepada khalayak umum dan dibuatkan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran UI yang telah membuat kesuksesan itu. Maka dibuatlah poster dan spanduk besar-besaran sebagai ucapan terima kasih kepada berbagai pihak. Tapi sebelum disebar dan dipasang penulis sempat membaca dan menemukan kekeliruan tersebut kepada si pembuat spanduk. Rupanya dia tidak percaya dan meminta bukti dimana letak kekeliruannya. Kemudian penulis memperlihatkan buku AD/ART UI. Disitu tercantum apa yang dimaksud dengan sivitas akademika UI dan apa yang dimaksud dengan warga UI. Akhirnya spanduk dan poster dicetak ulang.

Tapi kita tampaknya tidak mau belajar dari kesalahan masa lalu dan tetap membuat kekeliruan sejenis dan hal itu dibiarkan saja. Kalau pada hari-hari ini kita lihat ada salah satu spanduk besar yang terpasang diseberang stasiun UI akan terlihat satu kekeliruan yang fatal. Apakah betul keberhasilan dan apa yang telah dicapai UI saat ini hanya karena kerja keras staf pengajar dan mahasiswa saja? (020413)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment