July 31, 2012

Kampus Depok dan Kegiatan Mahasiswa Baru UI (Tempo Dulu)

Filed under: Uncategorized — rani @ 1:25 pm

Hari ini (31/07) hingga Jumat mendatang UI menyelenggrakan registrasi bagi 5500 mahasiswa baru UI program regular yang berlangsung di Balairung Kampus Depok. Minggu depan registrasi dilakukan untuk mahasiswa baru program pascasarjana, spesialis dan doktor di tempat yang sama. Registrasi ini meliputi penyelesaian kelengkapan administrasi, keuangan, pembuatan kartu mahasiswa, pengukuran jaket dan pemeriksaan kesehatan (penimbangan berat badan, pemeriksaan tekanan darah dan buta warna). Setelah itu para mahasiswa baru UI mendapat penjelasan dari para seniornya persiapan kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Tema OKK tahun ini yaitu “Orientasi Pendidikan adalah memanusiakan manusia”. Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, kali ini pun mahasiswa baru diharuskan mengikuti kegiatan ESQ.

Jika merunut kembali ke belakang pada awal tahun 1980 an, saat Rektor UI dijabat (alm) Prof.Dr. Nugroho Notosusanto, penulis masih ingat saat penerimaan mahasiswa baru UI tahun 1983, para mahasiswa baru UI diajak kemping bersama di Cipelang Jawa Barat. Mereka diajak melihat-lihat kegiatan pabrik teh, pemerasan susu sapi dan lain-lain yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat desa. Baru pada tahun 1984 dicobakan kegiatan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) pada mahasiswa baru UI untuk pertama kalinya di Indonesia. Kemudian tahun-tahun berikutnya dilaksanakan secara nasional di semua perguruan tinggi negeri di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena waktu itu Rektor UI merangkap menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kebetulan penulis mendokumentasikan dalam bentuk video. Diantara para mahasiswa baru UI itu, tampak Effendi Gozali (pangamat komunikasi politik) aktif dan antusias mengikuti kegiatan P4 pola 60 jam yang diperuntukan bagi mahasiswa.

Selain kegiatan P4, para mahasiswa baru UI tahun 1984 juga melakukan dua kegiatan di Kampus Depok. Pertama penanaman pohon cinta lingkungan kampus Depok. Mereka diangkut dengan truk tentara dari Kampus Rawamangun dan Salemba. kedua, pada akhir Desember 1984 para mahasiswa baru melakukan kemping di Kampus Depok. Saat itu kampus Depok masih berupa hutan karet dan padang alang-alang. gedung rektorat pun baru sampai tahap pemancangan tiang pondasi. Bangunan lainnya belum ada. Danau Kenanga yang terletak dekat mesjid UI dipenuhi tetumbuhan perdu dan rumput yang tinggi. Tapi rupanya menjadi tempat yang sangat disukai binatang ayam-ayaman dan bebek liar. Ternyata Danau Kenanga dahulu menjadi tempat persinggahan burung-burung dari daerah selatan yang akan menuju utara. (310712)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment