July 30, 2012

REPLIKA dan GRACIAS

Filed under: Uncategorized — rani @ 12:09 pm

Pada bulan Juli tahun 2012 ini, atas desakan para pembaca, kembali menghadirkan tulisan tentang berbagai kegiatan di lingkungan UI yang didasarkan pada Rekaman Peristiwa Selintas Kampus (REPLIKA) dalam rangka menggiatkan Gerakan Cinta Almamater Semesta (GRACIAS) dalam bingkai UI Dalam Realitas Kamera. Beberapa tulisan barangkali tidak ada kaitan dengan kegiatan UI, untuk selingan saja.

Seperti telah disebutkan diatas, banyak peristiwa atau realitas yang tidak bisa ditangkap dengan pancaindra kita secara lengkap, dengan mengalaminya sendiri. Tapi paling tidak dengan cerita yang “sepotong” itu bisa menggugah atau menggedor memori kita untuk mengingat kembali pengalaman masa lalu yang dialami bersama. Dengan potongan-potongan pengalaman dari masing-masing orang diharapkan kita akan mendapatkan keutuhan suatu peristiwa yang terjadi. Atau bahkan bahkan bisa menghasilkan suatu imajinasi yang dapat memberikan dorongan semangat hidup.

Dengan demikian sebuah tulisan yang berdasarkan pengalaman seseorang dapat melengkapi dan mengisi pengalaman orang lain dan menjadikan suatu pengalaman dan perubahan pada diri seseorang. Cobalah perhatikan bagaimana setiap kali kita bertemu dengan teman-teman lama dalam suatu acara pertemuan/reuni. Topik pembicaraan pasti ada yang menyinggung pengalamana masa lalu yang dialami bersama atau menceritakan tingkah laku teman kita di masa lalu. Atau pengalaman masa kini yang berkaitan dengan masa lalu. Setiap kali kita bertemu dengan teman-teman seperti tidak ada habis-habisnya bercerita tentang masa lalu, seakan-akan mengisi kekosongan relung hati kita yang senantiasa haus akan hasrat keingintahuan terhadap berbagai peristiwa, baik yang berkaitan dengan diri kita maupun orang lain.

Nah, supaya pembicaraan tidak melantur kesana kemari, maka penulis akan berpedoman pada hasil rekamana audio visual yang telah penulis lakukan sejak tahun 1984. Pedoman dan dokumen tersebut menjadi referensi pikiran penulis untuk dalam membuat tulisan. Semoga bermanfaat. Paling tidak bagi penulis dapat menjadi suatu sarana untuk mengekspresikan diri. (300712)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment