October 26, 2011

Kalau Orang Bali Berwisata ke Jawa

Filed under: Uncategorized — rani @ 2:21 pm

Ketika ada di Bali untuk mengikuti kegiatan akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Sanur Bali pertengahan oktober lalu, Setiap pagi menjelang shalat subuh, kerap terlihat berbis-bis rombongan wisata dari Jawa mampir ke mesjid melakukan di dekat tempat hotel menginap. Beberapa orang yang ditanyai, mereka para siswa berasal dari Blitar, Malang dan daerah Jawa Timur lainnya. Mereka berangkat sore hari dan tiba di Bali menjelang waktu subuh dan tempat yang pertama kali dituju yaitu Pantai Sanur. Setelah itu barulah menuju tempat wisata lainnya, seperti ke Tanah Lot, Pantai Kuta dan lainnya.

Siang ini (26/10), sehabis pulang dari Departemen Perindustrian di jalan Gatot Subroto Jakarta, menyaksikan penandatangnan kerjasama UI dengan BPPT nya Korea Selatan, terlihat puluhan bis diparkir dekat gedung Balaisidang UI Kampus Depok. Nomor plat mobilnya ternyata DK. Ternyata ada 300 an siswa dengan puluhan Guru pembimbing dari SMAN 7 Denpasar, melakukan kunjungan wisata ke Kampus Depok. Mereka mendapatkan penjelasan tentang seluk beluk yang berkaitan dengan pendidikan di UI, disampaikan staf Humas UI Bagian Eksternal. Sayangnya karena waktunya terbatas, mereka tidak sempat melihat lebih jauh keadaan kampus Depok. Konon katanya, setelah dari UI akan menuju ke Bogor. Bukan untuk melihat istana Bogor, melihat Kebun raya Bogor atau mencicipi asinan Bogor. Ternyata akan menuju satu pura yang cukup besar di kaki Gunung Salak.

Rombongan dari Bali ini datang kemarin. Sudah mengunjungi ITC Cempaka Mas dan Taman Mini Indonesia Indah. Setelah dari Bogor akan langsung menuju Bandung. Di Bandung tempat yang akan dituju yaitu ITB dan studio Trans TV. Usai menikmati suasana kota Bandung, rombongan akan menuju Yogyakarta. Setelah itu barulah pulang kembali menuju Bali. (“kembalikan Baliku Padaku”). Perjalanan memakan waktu seminggu. Kata seorang siswa peserta wisata, setiap peserta dipungut bayaran sebesar Rp 1,6 juta.

Rupanya perguruan tinggi, khususnya UI ternyata menjadi salah satu tujuan wisata para siswa. Tidak hanya dari Jawa, tetapi juga dari luar Jawa. Ditambah lagi dengan adanya “promosi” gonjang ganjing di UI, diduga semakin menambah daya tarik orang untuk berkunjung ke UI. Paling tidak ingin melihat perpustakaan yang katanya terluas di dunia dan pohon Baobab yang hanya ada di Kampus Depok. Tetapi sayangnya hal ini ternata belum dilirik para wira usahawan mahasiswa. Misalnya dengan membuat cendera mata yang dapat dibawa para wisatawan, atau memberikan jasa memandu keliling kampus Depok.(261011)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment