September 23, 2011

Gumilar Pernah Bercita-cita Jadi Dokter

Filed under: Uncategorized — rani @ 10:54 pm

Tidak semua orang tahu kalau Prof.Dr. Der Soz Gumilar Rusliwa Somantri pernah bercita-cita menjadi dokter, seperti halnya pamannya (alm) Prof.dr. Udin Syamsudin, yang sempat menjabat Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangangan fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Tahun 2007 para mantan penghuni asrama mahasiswa Daksinapati Rawamangun mengadakan acara halal bihalal. Tempatnya di lantai dasar Gedung Pusat Administrasi Universitas Kampus Depok. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini biasanya dihadiri para mantan penghuni lintas angkatan dan lintas fakultas. Jadi tidak memandang lagi mahasiswa UI angkatan tahun berapa. Ada pola komunikasi khas, yang justru dapat mempersatukan para mantan penghuni asrama daksinapati. Kalau seseorang menyapa dengan perkataan “Biisaaa!” kemudian yang disapanya menjawab dengan perkataan yang sama, maka dapat dipastikan keduanya adalah berasal dari kesatuan Korps asrama Daksinapati. Entahlah, apakah ada sapaan yang menjadi ciri khas dari penghuni asrama UI di Pegangsaan Timur dan Asrama Wismarini di Jatinegara.

Pada acara halal bihalal tahun 2007, Rektor UI berkesempatan hadir. kebetulan Rektor baru UI baru saja dilantik pada bulan Agustus 2007.Salah seorang mantan penghuni asrama Daksinapati yang cukup senior yaitu Nursyid Wonoprwiro, SH. Jabatan terakir sebelum pensiun (1988) sebagai Kepala Bagian Umum UI bercerita banyak tentang Rektor UI yang baru. Nursyid yang tinggal di Perumahan Dosen UI Ciputat, menjabat cukup lama sebagai Ketua RT di Kompleks itu. Dia mengetahui banyak tentang keluarga di lingungan Perumahan UI CIputat. Salah seorang diantaranya Prof.dr. Udin Syamsudin.

Menurut Nursyid, selepas lulus SMA dari wilayah Tasikmalaya, Gumilar mencoba peruntungan menjadi mahasiswa baru UI. Untuk itu, dia melakukan persiapan dengan mengikuti Bimbingan Tes yang dikelola Drs. (Med) Siky Mulyono di Jalan A.M. Sangaji Jakarta Pusat. Waktu itu bimbingan tes ini sangat dikenal di masyarakat Jakarta, salah satu bimbingan tes yang para siswanya banyak diterima di perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia. Ketika mengikuti Sipenmaru (Sistem Penerimaan Calon mahasiswa Baru), ternyata tidak berhasil masuk FKUI. Tahun berikutnya ikut lagi, gagal juga. Untunglah dia diterima di FISIP UI. Akhirnya dia berkarir di FISIP UI.

Kalau saja diterima di FKUI, Gumilar akan menjadi adik kelas (angkatan) Dekan FKUI sekarang ini (Dr.dr. Ratna Sitompul, Sp,M). Seperti diketahui hirarkis senioritas di FKUI sangat kental dan ketat sekali. Sehingga seseorang dalam usia muda, tidak mudah untuk menjadi orang nomor satu di FKUI apalagi di UI, walaupun otaknya cemerlang atau menonjol dalam bidang keahliannya. Untunglah memilih disiplin Ilmu Sosial, satu bidang ilmu yang sangat luas dan masih memerlukan banyak ahli. Tetapi yang jelas, Jika Gumilar berkutat di bidang ilmu kedokteran, dapat dipastikan tidak akan bisa menjadi Rektor UI. Itulah barangkali suratan nasib. Gagal di satu bidang terbuka kemungkinan peluang keberhasilan di bidang lain. (230911)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment