September 22, 2011

Gumilar Bicara “Ikan Sepat Ikan Lele”

Filed under: Uncategorized — rani @ 12:47 pm

Banyak hal menarik dalam kegiatan Wisuda UI yang berlangsung Jumat dan Sabtu (16/17-09) kemarin di Balairung Kampus UI Depok. Setiap kali wisuda semester gasal yang digabung dengan penyambutan mahasiswa baru Balairung senantiasa penuh sesak, karena dipadati para orangtua wisudawan, para mahasiswa baru dan tentunya para wisudawan yang jumlahnya selalu lebih besar dibandingkan dengan lulusan yang diwisuda pada semester genap setiap bulan Januari/Februari.

Wisudawan semua jenjang pada bulan September tahun ini berjumlah 7.458 orang. Terdiri dari lulusan S1 reguler dan kelas internasional berjumlah 2641 orang. Mereka di wisuda pada hari Jumat siang (16/09). Sementara untuk upacara wisuda Sabtu pagi (17/09) diperuntukkan bagi lulusan profesi (543 orang), Program Spesialis (219orang), Program Magister (2.114 orang) dan Program Doktoral (107 orang). Sedangkan pada Sabtu siang (17/09), berlangsung upacara wisuda untuk 831 lulusan program vokasi/diploma dan 1002 wisudawan program sarjana ekstensi. Ini jumlah yang spektakuler, karena belum pernah terjadi pada wisuda sebelumnya jumlah sebanyak itu.

Wisuda kali ini, dihadiri tamu beberapa universitas dari luar negeri seperti Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong, Malaysia, Thailand, Singapura yang menghadiri kegiatan The 8th Conference of Asian Universiy President di Jakarta. kebetulan tahun ini UI menjadi tuan rumah acara tersebut. Para tamu tersebut ikut dalam prosesi upacara, bergabung dengan para anggota Guru Besar dan anggota Senat Universitas, berada di atas panggung. Mereka membawa atribut/kebesaran perguruan tinggi masing-masing.

Rektor UI Prof.Dr.der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri yang memberikan pidato pada ketiga upacara wisuda tersebut sangat tenang, tidak berapi-api seperti wisuda yang berlangsung Januari lalu. kalau wisuda lalu Gumilar membacakan pidato dalam bahasa Inggris, pidato kali ini hanya sesekali saja mengucapkan beberapa patah kata bahasa Inggris. Apakah hal ini disebabkan karena ada “gonjang ganjing” yang mengeritik mengenai kebijakan tata kelola UI? entahlah, tetapi seorang teman mengatakan, Gumilar kali ini dalam pidato wisudanya “ikan sepat ikan lele” lebih cepat tidak bertele-tele.(220911)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment