July 4, 2011

“Saya Tidak Marah!!!”

Filed under: Uncategorized — rani @ 2:28 pm

Sudah empat kali UI menyelenggarakan kegiatan Seleksi Masuk (SIMAK) calon mahasiswa baru UI secara mandiri. Tahun ini jumlah peminat yang mengikuti SIMAK UI untuk semua program (Vokasi, S1 reguler, pascasarjana dan doktor) berjumlah 36.832. selain di Depok dan Jakarta, juga diadakan di 10 kota besar di Indonesia dan satu di Brussels Belgia. Dari sekian banyak itu UI hanya menjaring 700 calon mahasiswa S1 reguler (ada 32 ribu peminat) dan 1200 calon mahasiswa Vokasi. Sedangkan calon mahasiswa Program Pascasarjana dan doktor tergantung dari berapa banyak peserta memenuhi nilai standar yang telah ditentukan.

Kegiatan SIMAK yang berlangsung hari Minggu kemarin (03/07) ditinjau para pimpinan universitas dan fakultas bersama para wartawan. Lokasi yang ditinjau antara lain di Kampus FKM (untuk program Pascasarajana), Kampus FISIP ( untuk program S1 reguler) dan SMA 21 Kampung Ambon Jakarta Timur. Beberapa peserta di daerah merasa keberatan kegiatan SIMAK dilaksanakan pada hari Minggu, karena bersamaan dengan kegiatan ibadah para penganut agama Kristen dan Katholik. Tetapi panitia merasa kesulitan kalau diselenggarakan selain hari Minggu. Selain akan mengganggu hari kerja panitia, kalau diadakan pada hari berlainan di berbagai daerah, dikhawatirkan akan terjadi ‘kebocoran” soal.

Ada peserta yang mengikuti SIMAK yang berlokasi di Fakultas Ilmu Keperawatan, ternyata seorang perwira tinggi berbintang. Sejak hari Sabtu ajudannya sudah melihat-lihat lokasi dan meminta tempat parkir khusus untuk kendaraan yang membawa peserta SIMAK berbintang tersebut. Di FKM lain lagi, seorang peserta menggerutu dan dengan nada tinggi mempertanyakan sistimatika berkas soal yang diterimanya kepada panitia. Panitia menjelaskan, tidak ada yang salah pada berkas soal tersebut, karena soal yang diberikan untuk peserta program pascasarjana berbeda dengan berkas soal untu calon mahasiswa S1 reguler dan vokasi. Ada seseorang mengusap-usap punggung peserta yang emosional tersebut, sambil mengatakan supaya tenang dan jangan marah-marah. Lalu orang tersebut meninggalkan ruangan. Belum sampai keluar, peserta tersebut dengan nada masih tinggi menjawab, “Saya tidak marah!”. Rupanya orang tersebut terpancing juga dan mengatakan, ”wah…, belum jadi mahasiswa saja sudah marah-marah, bagaimana kalau sudah jadi mahasiswa yah?” Setelah berkomentar demikian, akhirnya orang tersebut keluar ruangan.

Siapakah yang berkomentar tersebut?

Ternyata Rektor UI yang sedang meninjau pelaksanaan SIMAK UI.(030711)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment