January 31, 2011

Kenaikan Gaji Pejabat dan Dampaknya

Filed under: Uncategorized — rani @ 4:56 pm

Pemberitaan komentar tentang gaji presiden yang tidak naik selama 7 tahun ternyata bergulir terus dan berdampak luas kepada kehidupan pegawai lainnya di instansi pemerintahan. Ketika Menteri Keuangan menyatakan akan menaikkan gaji pejabat pemerintah termasuk presiden, semakin ramailah topik di kalangan masyarakat yang mengomentari tentang kenaikan gaji tersebut. Di lingkungan Pusat Administrasi Universitas Indonesia Kampus Depok. Hari ini (31/01) di dekat mesin absen dimana para pegawai biasa melakukan absensi, terlihat kota kardus untuk mengumpulkan sumbangan uang dari para pegawai UI.

Beberapa hari sebelumnya di kalangan para pegawai administrasi Universitas ramai dibicarakan tentang penghapusan uang tunjangan/lembur yang biasa didapat para pegawai. Dari beberapa orang didapat informasi memang penghasilan yang biasa didapat berkurang dari yang biasa didapat. Tetapi tidak jelas alasannya apa. Antara lain katanya karena penghasilan yang didapat berdasarkan perhitungan terlampau besar. Tetapi menurut para pegawai yang terkena kebijakan pemotongan, alasan pemotongan tidak jelas dan tidak transparan. Sehingga para pegawai tersebut ingin meminta penjelasan kepada pihak berwenang di UI. Kasus pemotongan penghasilan ini sempat terjadi pula di kalangan para pegawai Fakultas Ekonomi beberapa waktu lalu, ketika terjadi pergantian pimpinan fakultas. Di fakultas Ilmu Komputer juga saat ini terjadi pemotongan penghasilan terhadap beberapa pegawainya.

Rupanya para karyawan di lingkungan pusat administrasi merasa resah dan tidak nyaman dengan suasana yang terjadi saat ini. Mereka melampiaskan kekesalannya dengan membuat kotak amal, untuk mengumpulkan uang koin, untuk disumbangkan kepada para pejabat. Rencananya besok (01/02) mereka akan berkumpul untuk menyatukan pendapat dalam menyikapi pemotongan penghasilan ini.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment