January 31, 2011

Gaya Avatar dan Dark Knight

Filed under: Uncategorized — rani @ 10:47 am

Perasaan prihatin bercampur ‘miris’ membaur dalam diri, saat membaca dan mendengar berita di berbagai media mengenai perkembangan peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dan penegakkan hukum di tanah air. Seolah-olah Negara ini telah berlaku hukum rimba, siapa yang kuat dan mempunyai uang dialah yang menjadi pemenang, karena pemegang kekuasaan dan penegak hukum telah bertekuk lutut serta tidak berdaya terhadap kesewang-wenangan yang terjadi. Sepertinya dunia ini dikuasai dan berada dalam kekuasaan golongan ‘hitam’.

Berbagai komentar tentang situasi saat ini di tanah air sangat begitu beragam. Ada yang merasa geretan, ada yang memaki-baki dalam tulisan atau membeberkan tentang orang-orang yang terlibat, bahkan ada pula komentar ketidak percayaan terhadap kemampuan aparat dalam menegakkan hukum serta menuduhnya aparat pun turut “bermain” dalam lingkaran kejahatan. Rupanya masyarakat sudah tidak sabar lagi melihat perkembangan yang terjadi dan ingin serba cepat bisa menumpas kebatilan yang sudah sangat mencolok mata.

Pagi ini (31/01) secara selintas di televisi diputar kembali film kartun Avatar, yang pernah digandrungi para anak-anak dua tahun lalu. Satu jenis tontonan yang menyajikan seorang jagoan kebajikan yang melawan kebatilan dengan dasar falsafah ketimuran. Sang jagoan yang mempunyai keahlian mengolah angin dan air sebagai senjata untuk melumpuhkan lawan. Sementara sang penjahat mempunyai keahlian mengolah api sebagai senjata utamanya untuk membunuh lawan dan musuh-musuhnya. Penulis juga teringat dengan salah satu film Barat yang berjudul “Dark Knight” yang bercerita tentang seorang jagoan yang selalu beraksi di malam hari untuk membunuh para penjahat, yang tidak bisa ditangani aparat penegak hukum, karena tidak cukup bukti yang kuat untuk menjerat penjahat masuk penjara.

Solusi mana yang paling baik dalam menyelesaikan permasalahan di atas? Apakah dengan cara jagoan Avatar yang melumpuhkan para penjahat dengan lembut sehingga membuat penjahat menjadi sadar. Ataukan dengan cara ala sang jagoan dark knight yang menghabisi para penjahat dan aparat yang batil dengan kekerasan dan pembunuhan sehingga membuat orang jera atau tidak berani untuk mencoba melakukan kejahatan dan menyalahgunakan wewenang. Barangkali ada satu ungkapan atau renungan yang patut kita simak bersama dan resapi. KEBAIKAN SENANTIASA MENERANGI KEHIDUPAN WALAU KEKBURUKAN/KEJAHATAN SELALU INGIN MENUTUPINYA. Sedigjayanya kejahatan yang menguasai dan menjadi raja dunia, tetap akan dikalahkan kebaikan.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment