January 31, 2011

“Buah Tanaman” Prof.Dr.Harsono Suwardi, MA

Filed under: Uncategorized — rani @ 7:41 pm

Beberapa hari yang lalu mendapat sms dari seorang senior, yang menyatakan Prof. Dr. Harsono Suwardi, MA dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo karena sesak nafas. Kemudian di facebook (fb) ramai berseliweran ucapan semoga lekas sembuh dan bahkan ada yang mengucapkan selamat ulang tahun segala. Rupanya orang lebih suka berkomunikasi lewat fb, sampai-sampai orang sakit diberi ucapan selamat ulang tahun. Tetapi penulis kalau mendengar nama Prof. Harsono, maka terkenang ingatan kepada beberapa hal yang berkaitan dengan Prof. Harsono, walaupun tidak pernah secara langsung mendapat bimbingan atau mengikuti perkuliahan yang diberikan.

Tahun 1980, ketika penulis masuk menjadi mahasiswa FISIP, Prof. Harsono masing menyandang S2 kalau ke kampus terlihat memakai sedan yang berwarna kuning keemasan. Di Kampus Rawamangun barangkali hanya satu-satunya yang memakai sedan tersebut. Selain menjadi Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI, Prof. Harsono juga memimpin lembaga penelitian dan pengembangan komunikasi massa (LPPKM) yang berkantor di Menteng. Satu lembaga yang cukup bergengsi dan sering mendapat order penelitian. Penulis pun sempat ikut menjadi salah seorang anggota peneliti di Surade Sukabumi Selatan mengenai Keluarga Berencana. Hasil dari penelitian itu penulis belikan radio kaset. Itulah untuk pertama kalinya penulis mendapatkan penghasilan sewaktu berstatus mahasiswa.

Pengalaman berikutnya adalah sewaktu aktif di suratkabar Kampus Warta UI. Dalam Surat Tanda Terdaftar (STT) penerbitan khusus (kampus) yang dikeluarkan Departemen Penerangan RI tahun 1982, Penanggung Jawabnya rektor UI, sedangkan Prof. Harsono menjabat sebagai Pemimpin Umum dan Pemimpin redaksinya dipegang Dra. Ina Ratna Mariani, MA. Selain sebagai reporter, penulis juga yang selalu mengantarkan contoh terbitan SKK Warta UI ke pihak Departemen Penerangan di Jalan Merdeka Barat. Penulis juga yang selalu mengantarkan lay out Warta UI ke Percetakan PT. Metro Pos di Kawasan Industri Pulo Gadung. Walaupun kegiatan sehari-harinya yang aktif Dra. Ina Ratna Mariani, tetapi Prof. Harsono sewaktu-waktu ikut juga menghadiri rapat-rapat redaksi.

Penulis lupa-lupa ingat, apakah waktu upacara promosi doktornya serta pengukuhan sebagai guru besar sempat mendokumentasikannya. Tetapi yang penulis ingat adalah saat penerangan jurusan kepada mahasiswa baru komunikasi tahun 1989 di Kampus Depok. Dihadapan para mahasiswa baru Prof. Harsono menyatakan ada kemungkinan Jurusan Komunikasi sebagai jurusan yang pertama kali ada di FISIP UI menjadi fakultas sendiri terpisah dari FISIP. Tetapi kemudian tidak jadi menjadi fakultas karena ada beberapa persyaratan yang tidak bisa terpenuhi, misalnya harus didukung antara lain adanya beberapa pengajar yang sudah mencapai jenjang Guru Besar. Dalam perjalanan waktu, ide menjadi fakultas “bermetamorposis” dalam bentuk lain. Para mantan mahasiswa Prof. Harsono merintis bahkan menjabat petinggi Jurusan atau fakultas ilmu komunikasi di perguruan tinggi swasta. Sehingga bermunculan fakultas ilmu komunikasi yang berkualitas di berbagai perguruan tinggi swasta dan menjadi satu alternative bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami bidang ilmu komunikasi. Walaupun demikian, tetap saja Komunikasi FISIP UI menjadi tujuan dan sangat diminati para calon mahasiswa.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment