December 29, 2010

Hari ini 26 Tahun Lalu

Filed under: Uncategorized — rani @ 11:24 am

Hari ini (29/12) duapuluh enam tahun lalu, para mahasiswa baru Universitas Indonesia sebanyak duaribu orang melakukan kegiatan perkemahan bersama di Kampus Depok selama tiga hari. Untuk pertama kalinya Kampus Depok didatangi secara beramai-ramai oleh warga UI dari kampus Salemba, Pegangsaan dan Rawamangun.

Dari Kampus Salemba rombongan dibawa dengan mengendarai puluhan truk tentara. Jarak Kampus Salemba ke Kampus Depok ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam. Waktu itu jalan Pasar Minggu hingga ke Kampus Depok masih satu jalur dan kendaraan mobil paling tidak harus melintasi empat pintu kereta api.

Waktu itu kampus Depok masih berupa tegalan dan hutan karet. Danau Kenanga dekat Mesjid UI masih berupa rawa yang ditumbuhi rerumputan setinggi dua meter.Di tengah hutan karet baru terlihat tiang pancang beton gedung rektorat yang baru dipancangkan pada bulan oktober. Tetapi Kampus Politeknik telah melakukan kegiatan akademis setelah diresmikan tahun 1982.

Lokasi perkemahan terletak di hutan karet dekat gedung rektorat dengan memakai tenda peleton pinjaman dari TNI. Tempat upacara dan api unggun di lapangan dekat Fakultas Ilmu Komputer (belakang kantin prima). Kepanitiaan kemping diserahkan kepada para mahasiswa angkatan 1983 dengan dibantu unit kegiatan mahasiswa MAPALA, MENWA, Pramuka, Paduan Suara, Orkes dan unit kegiatan mahasiswa lainnya. (Para mahasiswa baru UI angkatan 1983 melakukan kegiatan perkemahannya di Cinumpang Sukabumi). Beberapa pimpinan UI yang terlibat langsung dalam kegiatan ini yaitu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dijabat Drs. Djamang Ludiro, para pembantu Dekan III dari berbagai fakultas antara lain M.Nazief (FE), Merdias Almatsier (FK), Pratomo Marlan (FISIP) dan lain-lain.

Beberapa kegiatan yang dilakukan para mahasiswa antara lain melakukan kegiatan penanaman pohon di seputar stadion UI dan penanaman pohon kelapa di lokasi Fakultas Teknik. (Sebagian pohon kelapa yang ditanam masih bisa dilihat di dekat gedung Departemen Teknik Industri). Lahan pusgiwa waktu itu masih diratakan buldoser,sementara danau yang memanjang di bawah gedung pusgiwa masih berupa lembah yang ditanami padi. Di sela-sela kegiatan kemping, para mahasiswa baru masih sempat latihan paduan suara bertempat di kampus Politeknik.

Kegiatan perkemahan tersebut masih dapat dilihat dalam dokumentasi video REPLIKA (Rekaman Peristiwa Selintas Kampus).

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment