December 27, 2010

Refleksi Akhir Tahun MUI

Filed under: Uncategorized — rani @ 3:56 pm

Mesjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (MUI UI) menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Refleksi Akhir Tahun” pada hari Selasa (28/12) pada pukul 09.00 – 12.00 WIB di Mesjid UI Kampus Depok, dengan mengundang Ustadz “Aa Gym” Abdullah Gymnastiar. Ini kali kedua Aa Gym menginjakkan kaki di Kampus Depok. Kunjungan pertama terjadi pada tanggal 31 Maret 2004, waktu itu berceramah di Balairung dengan dihadiri warga UI dan juga masyarakat umum.

Kehadiran Da’i/penceramah pesohor ke Kampus Depok untuk memberikan ceramah/tausiah, sudah menjadi suatu hal yang biasa, baik yang dilakukan pusat administrasi universitas maupun fakultas atau lembaga/unit kegiatan mahasiswa di Kampus. Kegiatan ini membuat suasana kampus menjadi “hangat” dan dinamis, serta ada suasana lain dalam lingkungan kampus, yang biasanya disibukkan dengan kegiatan rutinitas akademis dalam disiplin mono atau lintas disiplin ilmu.

Tahun 2007 pun saat UI melangsungkan acara halal-bihalal warga UI, untuk pertama kalinya UI juga mengundang pesohor yang bergerak di bidang pelatihan ESQ Ary Ginanjar. Setelah itu, beberapa petinggi UI mengikuti kegiatan pelatihan ESQ dan kemudian diikuti pula dengan pelatihan ESQ bagi mahasiswa baru UI.Sudah dua angkatan para mahasiswa baru UI mendapat pelatihan ESQ. Walaupun kegiatan ini berupa memompa motivasi peserta, tetapi dasar-dasar yang diberikan penceramah bertitik tolak dari pengejawantahan ajaran agama Apakah secara signifikan pelatihan ESQ dapat meningkatan prestasi akademik mahasiswa? Barangkali perlu dievaluasi dengan seksama sebagai suatu refleksi di akhir tahun.

Apa yang akan menjadi pokok pembicaraan Aa Gym dalam ceramah besok, tetap menjadi suatu hal yang menarik. Paling tidak wawasan dan pengalamannya sebagai da’i kondang pastilah mempunyai ‘terobosan’ baru yang dapat dipetik hikmahnya .

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment