December 23, 2010

UU KIP Membayangi UI

Filed under: Uncategorized — rani @ 2:02 pm

Minggu lalu, Universitas Indonesia (UI) baru saja kedatangan seorang anggota Indonesia Corruption Watch (ICW) yang disertai dengan beberapa wartawan yang meminta beberapa informasi yang menyangkut dengan pembayaran SPP yang dibebankan kepada mahasiswa, karena adanya laporan pengaduan masyarakat terkait dengan tidak transparannya perhitungan dan penetapan Student Unit Cost (SUC) bagi mahasiswa. Apa yang dilakukan ICW ini merupakan bagian dari pelaksanaan UU No.14 tahun 2008 tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik).

Ada pun yang diminta ICW dari UI yaitu hal yang berkaitan dengan data dan dokumen, UU, PP Permendiknas, Permenkeu, Surat Edaran Menteri, SK Rektor yang digunakan sebagai pertimbangan dalam menetapkan besaran operasional pendidikan dan subsidi setiap jalur masuk.

Kasus ini merupakan babak baru di lingkungan UI, dimana “orang luar” meminta informasi tentang masalah keuangan, yang bagi penyelenggara administrasi keuangan UI dianggap rahasia yang tidak semua orang bisa mengetahuinya termasuk orang dalam UI sendiri. Mungkin karena belum ada kejelasan bagi para pengambil kebijakan di UI mana yang boleh diketahui publik dan mana yang tidak boleh.

Kepala Humas UI yang terdahulu (Henny Widyaningsih), setelah tidak menjabat dan aktif di lembaga yang berkaitan dengan sosialisasi UU KIP pernah mengingatkan, suatu saat nanti UI akan menghadapi gugatan ketidakpuasan dari masyarakat. Di dalam UU KIP tersebut disebutkan setiap lembaga diharuskan untuk memberikan respon terhadap gugatan/keberatan dari masyarakat dan akan terkena sanksi hukum kalau tidak merespon gugatan tersebut.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment