December 22, 2010

FKG 50 Tahun

Filed under: Uncategorized — rani @ 12:20 am

Hari kemarin (21/12) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) mengadakan syukuran sudah berusia 50 tahun. Selain warga FKG hadir pula Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri. Sayang penulis tidak bisa hadir. Banyak kenangan yang penulis alami bersama dengan warga FKG UI yang tidak bisa terlupakan begitu saja. Rasanya dahulu begitu dekat dan akrab, boleh dikatakan sudah menjadi “fakultas kedua” setelah FISIP. Kalau ada kegiatan di Kampus Salemba, pasti akan mampir ke FKG, khususnya ke Bagian/Departemen Kesehatan Masyarakat.

Dulu sekali, sewaktu mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, ada tiga pilihan yang harus dicantumkan dalam formulir pendaftaran. Salah satu diantaranya FKG. Selain karena ada famili yang menjadi dosen, juga karena ada seseorang yang “diincar” sejak masih sama-sama ikut bimbingan tes di SKALB. Tetapi rupanya garis tangan menentukan harus kuliah di Kampus Rawamangun. Namun demikian, toh tetap saja hati ‘terpaut’ di Kampus Salemba.

Pertama kali terjun ikut kegiatan FKG, diajak Dr.drg.Armasastra Bahar, untuk mendokumentasikan kegiatan pencarian dana untuk satu kegiatan. Waktu itu (1985) FKG UI menggelar acara “Malam Cinta Produksi Dalam Negeri” yang berlangsung di Hotel Borobudur. Acara yang digelar berupa Fashion Show yang diperagakan peragawan dan peragawati terkenal ibukota. Waktu itu mudah saja mengajak peragawati Ibukota karena ada Atiek Sinuko alumni FKG yang berprofesi sebagai model. Sejak saat itu, penulis selalu diikutkan dalam berbagai kegiatan di FKG, diantaranya mengikuti Kongres Persatuan Dokter Gigi Seluruh Indonesia (PDGI) di Medan.

Di bidang pengabdian masyarakat, ikut juga kegiatan penyuluhan gigi di berbagai daerah di wilayah Serpong (ketika BSD masih berupa hutan Karet). Waktu itu Dekan FKG yang dijabat Prof.S.W. Prayitno, oleh seorang guru sekolah di Serpong disebutnya sebagai “Budekan”. Dalam kesempatan lain pernah juga mengikuti kegiatan penelitian yang dilakukan para mahasiswa FKG UI di Serpong juga. Menginap di Wisma Astra, bangunan dan lahan milik UI sumbangan dari Yayasan Astra Internasional (kini menjadi kompleks puskesmas Kecamatan Serpong dekat pasar Serpong). Dosen pembimbingnya Dr.Drg. Julia Maria agak nyentrik dan cenderung sedikit “mbeling”. Pagi hingga siang melakukan kegiatan penelitian. Malam harinya, para mahasiswa diajak nonton film di bioskop misbar yang letaknya tidak jauh dari Pasar Serpong. Disitulah kita bisa melihat kehidupan nyata masyarakat Serpong waktu itu.

Satu saat FKG akan mengadakan bakti sosial di daerah Sumatera yang memakan waktu cukup lama. Penulis mendapat tugas mendokumentasikan kegiatan tersebut. Tetapi sayang tidak bisa ikut, karena ‘bertabrakan’ dengan kegiatan untuk segera menyelesaikan skripsi. Akhirnya penulis meminta bantuan seorang teman yang kuliah di Fakultas Hukum (kini dia seorang diplomat) untuk menggantikan posisi penulis. Akhirnya dia menyanggupinya dan pimpinan rombongan bakti Sosial FKG pun menyetujui penggantian tersebut. Pulang dari kegiatan bakti sosial, ternyata ada dua hati yang bertaut, yang kemudian dikekalkan dalam ikatan tali perkawinan. Itulah barangkali “garis tangan”. Apakah kalau penulis ikut kegiatan bakti sosial FKG tersebut bisa mendapatkan “pelabuhan hati”? Wallahualam bisawab.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment