November 29, 2010

Kid’s On The Bloc

Filed under: Uncategorized — rani @ 7:46 am

Hari Minggu (28/11) mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) di Kampus Depok menggelar acara Jazz Goes To Campus (JGTC) ke-33, yang konon katanya mendapat dukungan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI. JGTC ini sudah masuk dalam kalender acara pertunjukkan musik jazz setiap tahunnya, yang mendapat perhatian tidak saja dari masyarakat Indonesia tetapi juga dari para pencinta musik dan musisi dari luar negeri. Sehingga tidak mengherankan kalau JGTC ini dibanjiri sampai ribuan bahkan puluhan ribu penonton.

Rabu malam lalu (24/11) penulis baru saja melewati taman FEUI di Kampus Salemba Jakarta. Di tengah taman berdiri kokoh pohon beringin yang rimbun dengan dedaunan dan akarnya menancap ke bumi. Di sisi taman terdapat ruangan kelas-kelas perkuliahan masih seperti dulu, dengan jendela kaca kotak-kotaknya, tetapi cat daun jendela kini berwarna abu-abu (dulu berwarna kuning) sesuai dengan warna lambang FE UI. Di taman inilah untuk pertama kalinya JGTC digelar dengan penonton yang jumlahnya hanya ratusan orang saja, karena tempatnya yang sempit.

Dekan FE sekarang ini Prof.Firmanzah,Ph.D (34), yang baru menjabat kurang dari setahun, di kalangan dekan fakultas di lingkungan UI, paling muda usianya dan juga Guru Besar pertama yang dikukuhkan dari kalangan staf pengajar, jalur rekrutmen UI BHMN (Badan Hukum Milik Negara). “Jam terbang” nya juga masih terbilang baru sebagai pimpinan suatu institusi. Jadi bisa dimaklumi kalau dalam “mengemudikan” fakultas agak terseok-seok. Karena itu, maka para dekan fakultas lainnya memberikan julukan “Kid’s On The Bloc”.

Tetapi walaupun begitu, sewaktu Prof.Firmanzah, Ph.D menjabat Kepala Kantor Komunikasi UI (sebelum menjadi Dekan FE), punya peranan cukup besar. Atas usahanya, Dr. Mooryati Soedibyo, mantan mahasiswa S3 Bimbingannya, menyumbangkan seperangkat peralatan audio visual yang sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan dokumentasi. Sementara usulan anggaran pembelian peralatan dokumentasi yang sudah diajukan ke UI, tidak kunjung terealisir juga.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment