November 8, 2010

Kampus UI Depok Mulai dijaga ketat

Filed under: Uncategorized — rani @ 8:26 am

Tadi pagi (08/11) ketika mau masuk ke Kampus Depok, beberapa pintu yan biasanya dipakai untuk jalan jalan motor ditutup dan hanya bisa masuk dari pintu jalan utama. Terilhat petugas polisi dan tentara yang menyandang senjata. Bagi pejalan kaki masih bisa melalui stasiun UI atau stasiun pondok Cina. Tapi jangan harap ada bis kuning atau motor ojek yang berkeliling. Sekitar gedung rektorat atau pusat admnistrasi sudah mulai dipasang pagar besi. Karena itu, berangkatlah agak lebih pagi dan siap-siap untuk jalan kaki .

Sejak minggu lalu memang tersebar kabar kegiatan di kampus Depok diliburkan menjelang kedatangan Presiden Amerika Serikat. Tetapi tadi pagi bertemu dengan seorang pegawai dari Direktorat Sumberdaya manusia UI, tidak ada pengumuman resmi dari pimpinan UI untuk libur. Beberapa fakultas masih banyak kegiatan yang dilakukan pada minggu ini. Diantaranya fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) menyelenggarakan Festival UI dari tanggal 3 November hingga 13 November. Di Balairung tampaknya menjadi pusat “komando”, terpasang tenda dan beberapa kendaraan panser. Juga ada pagar besi terpasang. dan Di depan stasiun UI terpampang spanduk (dari salah satu organisasi mahasiswa) himbauan kepada para mahasiswa UI memakai jaket kuning pada tanggal 10 november, yang akan menggelar acara pemberian tanda kepahlawanan kepada yang telah berjasa terhadap lingkungan sekitar kampus.

Kedatangan Presiden Barack Hussein Obama ke UI tanggal 10 November, memang “dihantui” penolakan dari beberapa elemen masyarakat dan mahasiswa. Di luar kampus Depok misalnya, ada spanduk yang menolak kedatangan Obama. Ada kata-kata “Amerika Untung, Indonesia Buntung”. Di kalangan mahasiswa UI pun ada kelompok mahasiswa senada dengan elemen masyarakat “tolak Obama”. Di tengah-tengah suasana seperti itu, Direktur Kemahasiswaan UI sedang melaksanakan ibadah haji, yang memang sudah direncanakan jauh hari.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment