June 3, 2010

Lelaki Perkasa? Ya, Charles Bronson!

Filed under: Warna Warni — rani @ 4:25 pm

Siang hari ini (03/06) ketika keluar dari pintu lift gedung IASTH Kampus Salemba Jakarta, bertemu dengan Dr. Ade Armando yang akan masuk ke lift menuju ruang Pasca Sarjana FISIP. Ade bertanya, “abis dari mana?” Pertanyaan yang wajar, karena biasanya kalau bertemu di Kampus Depok. Maka dijawab, “dari lantai tiga, ada seminar nasional Pramuka.” Setengah tidak percaya, Ade memberikan komentar, “Apa Pramuka masih ada?.”

Dialog di atas adalah mewakili pandangan sebagian besar masyarakat awam tentang keberadaan pramuka saat ini. Jika saja Ade sempat menghadiri acara seminar Pramuka, tentunya tidak akan mengajukan pertanyaan seperti di atas tadi. Karena itulah maka Program Studi Ketahanan Nasional Program Pasca Sarjana UI, bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan seminar nasional bertajuk ”Mendorong Gerakan Kepanduan Melalui Percepatan Revitalisasi Gerakan Pramuka.” Narasumber  yang diundang pun bukan orang sembarangan, ada Prof.Dr. Muladi SH (Ketua LEMHANAS) juga ada Ir. Iwan Abdurachman/Abah Iwan (sesepuh WANADRI), Ketua Kwartir Nasional Pramuka Prof.Dr.dr. Azrul Azwar, MPH dan sederet nama lainnya. Namun yang akan diceritakan di bawah ini bukan tentang seminarnya, karena hal itu bisa didapat dari pemberitaan di media massa. Melainkan suasana pembukaan seminar tersebut yang akrab, hangat dan penuh derai tawa.

Ketika Ketua Progam Studi Ketahanan Nasional  UI  Prof.Dr. Tubagus Ronny Rachman Nitibaskara pidato, dia membicarakan tentang kesamaannya  dengan Prof. Muladi yang sama-sama profesor, sama-sama mempunyai anak perempuan. Tapi ada satu hal yang tidak bisa dilupakannya, saat  menyelesaikan doktornya, kalau tidak ada Prof. Muladi, mungkin sudah Drop Out. Prof. Muladi sebagai pembimbingnya sempat berdebat keras dengan pembimbing lainnya. Karena ternyata waktu studi doktoralnya sampai delapan tahun. Tapi Prof. Ronny menambahkan, kelebihannya dibandingkan dengan Prof. Muladi,  masih bisa punya anak perempuan umur 7 tahun, yang hobinya menyanyi jazz.” Berarti saya lelaki Perkasa,” ujarnya yang disambut riuh hadirin.

Saat Rektor UI Prof.Dr. Gumilar Rusliwa Somantri memberikan sambutan, pada awal pidatonya mencoba menimpali sambutan Prof. Ronny. Keduanya mempunyai kesamaan. ”sama-sama ganteng seperti aktor bintang film. Tetapi  juga ada perbedaan, yang satu tidak berkumis dan yang satu berkumis. Seperti bintang Iklan  mandom tahun tujuhpuluhan, siapa ya?” Hadirin menimpali ”Charles Bronson!!! Dari tempat Duduknya Prof. Ronny berdiri dan setengah berteriak, ”Pak Rektor! Mau makan dimana?”

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment