May 27, 2010

Enampuluh Puluh Menit

Filed under: Kampusiana — rani @ 5:57 pm

Masih ingat salah satu lagu grup band jambrut  yang dinyanyikan oleh SBY waktu kampanye Pemilihan Presiden tahun 2004? Lagu yang berjudul “Pelangi di matamu” itu syairnya  berbunyi “tigapuluh menit kita disini/tanpa suara/ dan aku resah/ harus menunggu lama/ kata darimu//. Mungkin butuh kursus/ merangkai kata/ untuk bicara/ Dan  aku benci/ harus jujur padamu/ tentang semua ini//.” Syair itu sangat bertentangan dengan apa yang terjadi dengan peristiwa yang berlangsung Rabu pagi (26/05) di Ruang Rapat Senat Fakultas Kedokteran UI Kampus Salemba Jakarta, saat Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gary F. Locke,  memberikan ceramah ‘energi bersih’ dihadapan sivitas akademika UI.

Hanya kurang dari 10 menit Locke memaparkan tentang energi bersih, limapuluh menit berikutnya diisi dengan tanya jawab dengan para hadirin. Sungguh tidak membosankan dan harus jujur mengatakan, baru kali ini seorang pembicara begitu singkat tetapi banyak waktu diberikan untuk tanya jawab. Bicaranya tidak membosankan, jawaban yang diberikan sangat lancar seperti air mengalir, tidak terlihat para pendengarnya duduk resah, melainkan duduk tanpa suara karena terpesona. Tidak harus menunggu lama kata jawaban darinya. Gaya bicaranya yang langsung menatap kepada penanya dengan ekspresi penuh percaya diri sangat memesona. Justru beberapa penanya perlu kursus khusus merangkai kata untuk bicara.para penanyalah yang harus merangkai kata untuk bicara.

Dari seratusan hadirin yang kebanyakan para mahasiswa itu, ada duapuluh lima pertanyaan yang diajukan. Empat diantaranya menjawab pertanyaan dari twitter yang diberikan staf kedubes Amerika Serikat yang terus memantau di lap top yang berada di belakang hadirin. Memang sesi itu diperuntukkan buat para mahasiswa. Hanya ada dua penanya dari staf pengajar. Dekan FKUI mendapat giliran penanya yang ke-23. Kalau saja ada orang dari Musium Rekor Indonesia (MURI), kiranya patut dicatat diskusi tersebut merupakan diskusi yang waktunya relatif singkat dengan penanya yang cukup banyak.  Konon katanya acara itu disiarkan langsung melalui TV kompas, Republika Online dan Website UI menayangkan ulang acara ceramah itu. Tetapi mereka mengambilnya dari bagian belakang, sehingga tidak kelihatan muka dan ekspresi dari para penanya. Ingin tahu lebih lengkap dan eksklusif tentang acara tersebut? Jawabannya hanya ada pada  REPLIKA (Rekaman Peristiwa Selintas Kampus).

 

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment