May 25, 2010

Kerjasama dengan Universitas Daerah

Filed under: Uncategorized — rani @ 5:37 pm

Hari Selasa siang ini (25/05), Universitas Indonesia (UI) menjalin hubungan dengan Universitas Cenderawasih  (Uncen) Papua dengan melakukan penandatanganan kerjasama yang ditandatangani langsung kedua Rektor perguruan tinggi tersebut, disaksikan Dekan FISIP UI dan Dekan FISIP Uncen. Sejatinya kerjasama ini  antara FISIP UI dengan FISIP Uncen,  dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama di tingkat universitas hanya sebagai payung untuk memudahkan kegiatan di tingkat fakultas. Sudah banyak orang dosen Uncen menggondol magister dan doktor dari FISIP UI. Kerjasama kali ini lebih merupakan memperbaharui kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya.

 

Kerjasama yang dijalin ini merupakan sebagai tindak lanjut dari komitmen FISIP UI, tatkala merayakan Dies Natalisnya yang ke-42  Februari lalu yang ingin membantu memberdayakan perguruan tinggi daerah.  Setelah mengadakan seminar Papua beberapa waktu yang  lalu di FISIP UI, dimana dihadiri para sivitas akademika Uncen, dan sambutan mereka pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, maka nanti akan tiba gilirannya seminar di Papua yang diharapkan akan banyak  dihadiri para sivitas akademika FISIP UI.

 

Bagi perguruan tinggi daerah bekerjasama dengan UI mempunyai suatu prestise tersendiri karena banyak aspek positif yang didapat. Misalnya pertukaran mahasiswa dan dosen, melakukan kegiatan penelitian bersama yang nantinya dapat menumbuhkan berbagi pengetahuan dan ketrampilan diantara kedua belah pihak serta memupuk rasa percaya diri. Di samping itu ada aspek lain yang mungkin tidak disadari oleh kita. Kerjasama ini juga  sebetulnya mempunyai aspek sebagai salah satu alat pertahanan keamanan nasional. Bagaimana bisa?

 

Tahun lalu UI menjalin kerjasama dengan Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Timur, salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan pemerintah daerah tahun 1999 terletak di  wilayah yang berbatasan dengan Sabah Malaysia Timur. Prof. Dr. Dorojatun Kuntjoro Jakti, mantan Dekan FEUI dan mantan Menteri Perekonomian RI secara rutin sering memberikan kuliah di Universitas Borneo. Menurut Rektornya,  Abdul Jabarsyah, Ph.D lulusan doktor dari Jepang,  banyak penduduk Kaltim yang bekerja dan tinggal di Sabah, ketika anak-anaknya ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi  tidak diperbolehkan dengan alasan bukan penduduk asli Sabah. Bahkan beberapa peninggalan sejarah yang ada di wilayah Kalimantan Timur dengan seenaknya mereka beli dari penduduk dan diklaim sebagai peninggalan sejarah mereka, lalu disimpan di musium negara.Dengan adanya kerjasama bersama UI, diharapkan tidak memandang sebelah mata kepada Universitas Borneo dan tidak berlaku semena-mena. Kalau tidak ada aral melintang, bulan Juli ini, para mahasiswa UI akan melakukan kuliah kerja nyata di wilayah perbatasan, termasuk juga di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Inilah salah satu bentuk nyata partisipasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan nasional dari institusi pendidikan tinggi.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment