April 22, 2010

Pergelaran Topik Hangat

Filed under: Uncategorized — rani @ 8:33 am

Hari Rabu (21/04) ini,  di Kampus Universitas Indonesia (UI) ada lima kegiatan yang sangat menarik perhatian dan merupakan peristiwa yang tengah hangat terjadi di masyarakat. Pertama, Peringatan 40 tahun program Studi Belanda yang akan berlangsung sampai 24 April. Kedua seminar  “Perempuan dan Merokok, Emansipasi atau Ketidakberdayaan?” Ketiga seminar “BONGKAR! Pemberlakuan Mekanisme Pembuktian Terbalik dan Perlindungan Wistle Blower” yang diselenggarakan ILUNI FHUI di Kampus Salemba Jakarta. Keempat, talkshowSatpol PP Konflik, Mau  Diapakan?” kegiatan yang digagas Departemen Kriminologi di Kampus FISIP Depok. Dan kelima peluncuran buku karya Prof.Dr. Saparinah Sadli, Guru Besar Fakultas Psikologi UI, di Toko Buku Gramedia Matraman Jakarta. Ada satu lagi kegiatan peluncuran “my campus” nya perusahaan Apple di kampus Fakultas Ekonomi Depok.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas merupakan salah satu bentuk dari rasa tanggung jawab dan pengabdian dunia kampus kepada masyarakat. Nara sumber dan tokoh yang hadir dalam acara tersebut bukan sembarang orang, melainkan pakar dalam bidang ilmunya. Bagi UI mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan peristiwa yang hangat terjadi di masyarakat dengan mengundang nara sumber yang berkompeten merupakan suatu hal yang mudah. Kemudahan ini dimungkinkan karena posisi dan kedudukan UI yang strategis berada di ibukota Negara. Bagi warga kampus ini merupakan suatu keuntungan untuk mendapatkan informasi dari sumbernya atau juga untuk dapat menambah wawasan.

 

Namun nampaknya, dalam perkara mendapatkan informasi dari sumbernya dengan cepat, mendapat saingan keras dari media elektronik terutama televisi. Mereka bisa melakukan wawancara atau talkshow dengan narasumber dengan cepat dan seketika. Pemirsa diberikan informasi tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Bahkan beberapa televisi membuat suatu acara tersendiri untuk dapat mengorek lebih jauh mengenai seseorang atau suatu perkara. Pendek kata, media televisi dapat melakukan talkshow dengan “lebih cepat lebih baik”.

 

Karena itulah, ada usulan jika sivitas akademika UI mau mengadakan suatu kegiatan yang menyangkut atau berhubungan dengan keadaan di masyarakat, hendaknya dibuat format baru yang berbeda yang sudah dilakukan media televisi. Misalnya saja dalam melakukan kegiatan seminat atau talk shaw, ada usulan atau solusi konkrit kepada pihak terkait dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Atau misalnya dibuat usulan konsep dari berbagai sudut pandang ilmu secara komprehensif (semacam naskah akademik yang biasa melengkapi naskah Rancangan Undang Undang). Dengan demikian maka, kegiatan-kegiatan semacam talkshow atau seminat tidak hanya  sekedar untuk mengisi waktu luang, atau menghabiskan anggaran dari sponsor.Tapi betiul-betul menjadi suatu konsep yang dapat diimplementasikan menjadi suatu produk atau jasa yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment