April 22, 2010

Citra Kampus Tanpa Asap Rokok

Filed under: Uncategorized — rani @ 9:35 am

Tulisan berikut ini terinspirasi dari kegaitan seminar “Perempuan dan Merokok”, yang berlangsung  21 April lalu.Ini adalah pengalaman pribadi yang berkaitan dengan rokok di seputar kampus UI. Pada blog ini, beberapa waktu sebelumnya sudah pernah dibuat tulisan tentang iklan rokok dilarang masuk kampus.

 

Dahulu, sebelum UI mempunyai kampus di Depok, seluruh aktivitas terpusat di Kampus Salemba. Walaupun ada kampus Rawamangun dan Kampus Pegangsaan (dimana disini ada asrama mahasiswa, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Bagian Mikrobiologi FKUI), tetapi tetaplah Salemba menjadi Pusat berbagai kegiatan. Pada salah satu ruangan di belakang Mesjid ARH ada satu ruangan (4 x4 m2) ruangan redaksi SKK Warta UI. Di sebelahnya ada kantor pos dan di sebelahnya lagi ruang perkuliahan mahasiswa Geografi FMIPA. Waktu itu koran kampus ini biaya pencetakannya didanai pihak Rektorat. Timbul ide bagaimana kalau mencari dana sendiri. Dengan bantuan dari salah seorang petinggi Rektorat, didapatlah jalan untuk mengajukan ke satu perusahaan rokok. Singkat cerita, didapatlah order iklan rokok satu halaman berwarna yang dipasang di halaman paling belakang. Pada waktu itu untuk pertama kalinya koran kampus mendapat iklan yang menghasilkan pemasukan dana cukup besar. Pada jaman itu, banyak kegiatan di kampus didanai dari sponsorsip iklan rokok. Ketika sudah pindah ke kampus Depok, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat sempat pula mendapat dana dari perusahaan rokok untuk membiayai kegiatan Kuliah Kerja Nyata di daerah Banten dan Kepulauan Seribu.

 

Pada pertengahan tahun dua ribuan, ketika kesadaran tentang bahaya merokok mulai ”memasyarakat”, mulailah dibatasi kegiatan-kegiatan dalam lingkungan kampus yang mengikutsertakan partisipasi dari perusahaan rokok. Ada satu pengalaman ’dramatis’ terjadi. Waktu itu para mahasiswa Fakultas Hukum akan mengadakan acara  dengan mengundang grup band terkenal dengan bantuan sponsor dari perusahaan rokok. Panggung sudah dipasang lengkap dengan sound systemnya segala. Dikiri kanan panggung sudah dipasang spanduk besar perusahaan rokok. Letak panggung kalau tidak salah di lapangan yang sekarang ada bangunan perpustakaan baru. Tiket sudah dijual kepada para mahasiswa. Saat-saat terakhir menjelang pertunjukkan, panitia membatalkan acara, karena tidak mendapat ijin dari pimpinan UI.

 

Ada cerita lain lagi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) mengadakan acara seminar tentang karikatur sebagai bagian dari budaya populer. Acara diadakan di Gedung Pusat Administrasi universitas. Salah satu pembicaranya yaitu (alm) Prof. Dr.Fuad Hassan, sebagai salah seorang pemerhati karikatur. (Mantan Mendiknas ini dikenal sebagai perokok kretek berat. Konon katanya berhenti merokok setelah cucunya tidak mau dipeluk dan berdekatan dengan eyangnya.) Pada acara seminar budaya pop tersebut (waktu itu masih sebagai perokok) dengan enteng dia membuat gambar karikatur dirinya dalam sehelai karton, lalu sisa puntung rokoknya diselipkan pada mulut dalam gambar karikatur tersebut, direkat dengan isolatif.

 

Kemarin (21/04) Wakil Rektor UI Dr.Ir. M. Anis M.Met, menegaskan tahun 2012 kampus UI akan bebas dari asap rokok. Di FKM misalnya sudah dipasang spanduk/pengumuman bagi siapa yang merokok di lingkungan FKM akan didenda Rp 100.000. Di Gedung Biru kantor Satpam UI juga dipasang spanduk berisikan informasi yang akan mendenda bagi perokok. Satu saat di dalam ruangan kantor ada seorang satpam yang merokok sedang mengobrol dengan 7 orang satpam lainnya. Tidak diduga datanglah pimpinan satpam (Kepala UPT PLK), memergokinya. Tanpa ampun, perokok dan juga semua satpam yang ada disitu dikenakan denda. Tentu saja tegas, soalnya Kepala UPT PLK adalah dosen Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) FKM UI.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment