March 26, 2010

Penanda Kampus Salemba

Filed under: Uncategorized — rani @ 8:51 am

Dalam suatu  kesempatan mengikuti kegiatan seminar internasional perubahan iklim di Universitas Indonesia (UI) pertengahan Maret lalu, secara tidak sengaja bertemu dengan seorang alumnus Fakultas Pertanian UI di Bogor. Dia menjadi mahasiswa saat IPB masih menjadi bagian dari UI. Bisa diperkirakan berapa tahun usianya sekarang. Di sela-sela istirahat, dia bercerita banyak tentang UI di masa lampau, yang mungkin tidak semua orang mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan UI.

 

Sebagai seorang mahasiswa pertanian dia tahu betul seluk beluk yang berkaitan dengan tanam-tanaman dan bentuk serta gambar tanaman. Dia meyakini, bentuk makara yang dijadikan lambang UI itu sebetulnya mengambil bentuk dari salah satu tanaman, yaitu pisang kipas. Lalu di juga mengaitkan dengan pengetahuan umum yang beredar di masyarakat Jakarta tentang letak kampus UI di Salemba.

 

Sekitar tahun 1950 an hingga tahun 1960 an, keadaan jalanan di sepanjang  Matraman hingga Kramat masih sepi dan belum banyak bangunan berdiri. Namun demikian, orang-orang belum mengetahui betul tentang gedung-gedung yang ada sepanjang jalan tersebut. Makanya ketika orang bertanya, dimana letaknya Kampus UI yang ada di Jalan Salemba, masyarakat akan memberikan informasi, cari saja bangunan yang di halaman depannya ada pohon pisang kipas.

 

Pada waktu peresmian kampus Depok,  ada delapan pohon pisang kipas dan terletak di depan gedung Pusat  Administrasi Universitas (gedung Rektorat). Awal tahun 2000-an  saat dilakukan perataan tanah halaman depan gedung rektorat, pisang kipas pun ikut diratakan. Sejak itu pula terjadi perubahan iklim  kehidupan di kampus Depok.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment