January 5, 2010

Berapa Jumlah Alumni UI?

Filed under: Lulusan UI — rani @ 9:34 am

Siapa yang bisa menghitung dengan cepat dan tepat berapa jumlah alumni UI sampai sekarang? Sejak tahun 1990 an saya berusaha menghitungnya, tetapi rupanya tidak ada data yang cukup valid tersedia, apakah di tingkat departemen, Fakultas atau bahkan di tingkat Universitas sekalipun. Rektor UI dalam berbagai kesempata selalu menyebut-nyebut kisaran angka 100 ribuan, untuk semua mahasiswa program studi yang ada di lingkungan UI, mulai dari jenjang diploma sampai Doktor. Tetapi kalau ditelusuri dari mana data itu diperoleh, pastilah akan sangat sukar untuk menjawabnya.

Dahulu sebelum era BHMN (sebelum tahun 2000), UI masih rajin mengumpulkan berbagai data  dari berbagai fakultas dan institusi yang ada di lingkungan UI untuk dijadikan Buku Laporan Tahunan kepada Depdiknas. Tetapi laporan tahunan itu pun masih selalu tidak “klop” antara data yang ada di fakultas dengan data yang ada di tingkat Universitas. Maka biasanya selalu dibuat “kesepakatan” data mana yang akan dipakai untuk dijadikan laporan secara resmi. Hal ini terjadi karena masing-masing program studi masih selalu menerima mahasiswa di luar yang sudah ditentukan oleh universitas. Tetapi sekarang, tampaknya hal demikian sudah  tidak ada lagi dengan semakin baiknya proses penyimpanan dan pemrosesan data mahasiswa/lulusan menggunakan komputerisasi secara terpadu dan terpusat.

Kembali kepada masalah utama judul tulisan ini, yaitu mengenai  jumlah alumni, apa asumsi dasarnya seseorang itu dianggap sebagai alumni UI? Kalau secara ketat, maka kriterianya adalah seseorang yang telah menyelesaikan studinya dalam waktu tertentu di lingkungan UI dan kemudian dia mendapat ijazah sesuai dengan program studi dan jenjang yang  ditempuhnya, dimana dalam ijazah itu diterangkan tanggal kelulusan yang bersangkutan.

Nah, apakah UI mempunyai data nama-nama para lulusan sejak UI  menggunakan nama Universitas Indonesia (1950)? Hal ini pun tampaknya tidak semua orang mengetahui dan memilikinya.  Ini salah satu kelemahan UI yang abai terhadap data-data, terutama yang berkaitan dengan masa lampau. Padahal, perencanaan masa depan harus ditunjang dengan data dan informasi yang akurat, termasuk juga data di masa lalu. Seperti yang telah disinggung dalam tulisan sebelumnya (lihat Sejarah Ringkas UI), data/informasi masa lampau merupakan “benang merah” yang dapat mempertautkan masa lalu dengan masa kini dan masa mendatang. Tulisan ini sebagai pembuka awal untuk menyajikan tentang para lulusan UI mulai dari tahun 1950 hingga 1975.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment