November 25, 2009

Latihan Memadukan Idealita dengan Realita

Filed under: Uncategorized — rani @ 4:15 pm

Hari Selasa(24/11) baru saja menurunkan tulisan tentang  pemuda pemimpin masa depan bangsa, dimana perlu pelibatan generasi muda untuk menangani berbagai persoalan nyata di masyarakat, sebagai suatu latihan untuk menghadapi berbagai persoalan di masa mendatang yang bisa jadi lebih rumit dari persoalan yang sekarang terjadi.

 

Pada hari kemarin pula, suratkabar Media Indonesia menurunkan tulisan profil Anies Baswedan (40), Rektor Universitas Paramadina, salah satu anggota termuda dalam  tim verifikasi  untuk menelusuri masalah hukum   yang berkaitan dengan kasus Chandra-Bibit , lebih dikenal dengan nama “Tim 8”  dan menjadi juru bicara tim tersebut. Seperti diketahuiTim 8 ini dibentuk Presiden, dimana hasilnya akan menjadi salah satu pertimbangan Presiden dalam memutuskan kasus KPK VS POLRI. Dan kita semua sudah mengetahui keputusan yang diambil Presiden  di depan para wartawan hari Senin malam (23/11).

 

Di harian tersebut Anies mengemukakan kesan-kesannya selama  terlibat di Tim 8. Pekerjaan selama dua minggu bagi Anies tidak merepotkan, melainkan sebuah kehormatan mulia,  dia akan mensyukuri dan mengenangnya apa yang telah dilakukan di dalam Tim 8. Dia menganggap apa yang dia lakukan representasi dari kalangan muda.

 

Anies selanjutnya berpesan kepada generasi muda, supaya menjaga idealisme dan integritas, berada di dekat kekuasaan adalah salah satu kesempatan untuk melatih kesadaran. Anak muda itu ujian terbesarnya adalah dimasukkan ke realitas. Kita sebagai anak muda sering berada di idealitas. Ketika masuk ke dalam realita, tidak semuanya bisa survive. Banyak yang tumbang dalam realita. Anies menilai, dua minggu kemarin itu sebagai suatu kesempatan berlatih.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment