April 24, 2009

Miangas…Kesana Mahasiswa UI Menuju

Filed under: K2N UI — rani @ 11:35 pm

Sore ini (24/04) hingga magrib sempat mengikuti rapat persiapan panitia penyelenggara Kuliah Kerja Nyata (K2N) Universitas Indonesia (UI) dengan agenda utama mendengarkan laporan tim pendahulu yang telah melakukan pencarian informasi ke Manado, dimana Pulau Miangas merupakan Pulau terluar Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan dengan wilayah negara Philipina. Rencananya kegiatan akan dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2009 mendatang.

Justru yang menarik dalam hal ini, bukan soal turun ke lapangannya, tetapi ide untuk membawa mahasiswa melakukan kegiatan di pulau terluar dan terjauh dari pusat Ibukota, yang bukan saja akan berdampak kepada penduduk pulau Miangas. Tetapi yang utama adalah memberikan pengalaman dan membentuk watak mahasiswa peserta K2N, yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Dan ternyata ide ini disambut baik oleh Rektor UI, bahkan Menteri Pertahanan serta Panglima TNI menyambut baik serta akan membantu supaya kegiatan K2N di Pulau Miangas bisa terlaksana. Dari tim yang melakukan observasi ke Manado, Gubernur serta Bupati Sangir Talaud memberikan respon yang positif.

Mengingat biaya yang cukup besar yang mencapai ratusan juta, penerimaan peserta K2N hanya dibatasi 100 orang saja, dengan seleksi yang cukup ketat, antara lain calon peserta diharuskan membuat karya tulis, apa yang akan dilakukan kalau sampai di Miangas. Kepada calon peserta juga akan diberikan kuliah pembekalan sebelum terjun ke lapangan. Gubernur Provinsi Sulawesi Utara sudah menyatakan kesediaannya untuk memberikan pembekalan bagi mahasiswa.

Kalau kegiatan ini bisa terlaksana, barangkali akan menambah daftar partisipasi (mahasiswa) UI dalam memberikan sumbangan pikiran dan tenaga serta membangun jiwa nasionalisme. Beberapa kegiatan yang telah diikuti para mahasiswa UI antara lain, pada saat terjadi Bencana Tsunami di Aceh dan gempa bumi di Yogyakarta.

1 Comment »

  1. Ass..wr..wb P Miangas merupakan pulau terluar di wilayah utara Indonesia,penduduknya cukup ramah ,alamnya Indah dengan pasir putihnya ,memang Pulau ini butuh perhatian yg ekstra krn berbatasan langsung dgn Philipina ,ada kararkter yang unik di masyarakat Miangas yakni kita harus pintar mengkomunikasikan segala sesuatu kepada warga di Miangas ,krn mereka memiliki rasa curiga yg cukup tinggi. Di Miangas hati-hati banyak anjing dan babi berkeliaran disekitar rumah penduduk ,alamnya sangat subur banyak Pohon kelapa ,pohon sente (Laluga)sebagai makanan dimusim badai karena sulit mendapat 5 bahan pokok ,yang mungkin perlu dipikirkan bagaimana pddk bisa diberi pelajaran tentang menganyam pandan ,sabut kelapa,mengolah ikan dan yang paling penting bagaimana melestarikan Kepiting Kenari yang rasanya lezat dan banyak diburu.Saya sdh dua kali ke miangas,bagi rekan yang nggak tahan sama mabuk laut siap-siap dengan obat antimabuk dan selalu berdoa dalam perjalanan ombaknya luar biasa ,kami pernah mengalami ombak setinggi 7 meter selama hampi 10 jam ,tetapi nggak usah takut Allah selalu bersama kita yang punya niat baik untuk berbagkti bagi negeri Indonesia,,,,,,salam sukses jadikan miangas pulau yang sukses Wassalam Agus Siswanto 024 70176157

    Comment by siswanto — June 1, 2009 @ 9:09 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment