April 22, 2009

NGERINGGA!?

Filed under: Uncategorized — rani @ 10:45 pm

Pernahkah terpikirkan apa yang didapat dari pemilihan umum (pemilu) calon legislatif (caleg) bulan April ini? Bagi saya ada istilah yang dipopulerkan oleh beberapa kalangan, yaitu NGERINGGA!? Satu kata baru gabungan dua kata NGERI dan NGGAK yang kalau disatukan, ejaannya mirip dengan salah satu nama partai politik pendatang baru dalam pemilu kali ini.

Saya menggunakan istilah tersebut di atas, untuk masalah transportasi di Jakarta. Hal ini mencuat, karena pada siang hari ini (22/04) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menggelar talk show UI “A Safe, Healthy, And Green Campus” yang diselenggarakan Departemen Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan FKM. Ada data-data yang dikemukakan Prof.Dr.Ir. Sutanto Soehodho M.Eng, dosen UI dan penggagas awal Bus Way, yang membuat kita menjadi miris mendengarnya.

Ada 3 faktor utama transportasi. Pertama orang/pengemudi kendaraan, kedua kendaraan itu sendiri dan ketiga jalan/lingkungan alam. Ketiga faktor itu saling berkait dan mempengaruhi satu sama lain. Kecelakaan terjadi karena adanya ketidak seimbangan diantara faktor tersebut, atau ada sesuatu faktor yang tidak beres. Saat ini kematian karena diakibatkan kecelakaan lalu lintas menduduki peringkat ketiga. Panjang jalan saat ini tidak berubah. Sementara kendaraan di jalanan terus meningkat terutama didominasi kendaraan motor. Data di Samsat menunjukkan, setiap bulannya tidak kurang ada 1000 permintaan untuk pembuatan STNK kendaraan bermotor. Dan berdasarkan pemantauan pihak kepolisian satu diantara dua pengendara motor di jalanan, tidak punya SIM. Jadi bagaimana bisa tertib dan tahu aturan berlalu lintas kalau tidak teruji ketrampilan dan pengetahuan berlalu lintas. Bahkan yang punya SIM pun banyak yang didapat dengan cara “menembak”. NGERINGGA!?

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment